Silabus IPA Kelas VIII 2017/2018 - Semester 1
SILABUS
Kelas/Semester : VIII / 1
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun
Pelajaran : 2017 / 2018
KI-1
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI-2
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, Percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
|
KI-3
|
Memahami
Pengetahuan (Faktual, Konseptual, dan Prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI-4
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di
pelajari di sekolah dan sumberlain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian
|
Alokasi Waktu
|
Bentuk Penilaian
|
3.1 Memahami
gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga
kesehatan sistem gerak
4.1 Membuat tulisan tentang berbagai gangguan
pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia
|
Sistem
Gerak pada Manusia
·
Struktur dan fungsi
rangka
·
Struktur dan fungsi sendi
·
Struktur dan fungsi otot
·
Upaya menjaga kesehatan
sistem gerak
|
·
Mengamati struktur dan
fungsi rangka, sendi, dan otot manusia
·
Melakukan percobaan untuk
mengetahui struktur gerak, jenis dan perbedaan serta mekanisme kerja jaringan
otot
·
Mengidentifikasi gangguan
pada sistem gerak, upaya mencegah dan cara mengatasinya
·
Menyajikan hasil pengamatan
dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan serta upaya
mengatasinyadalam bentuk tulisan dan mendiskusikannya dengan teman
|
Setelah Pembelajaran, diharapkan siswa
dapat :
3.1.1 menjelaskan
pengertian gerak
3.1.2 menjelaskan
fungsi rangka, sendi dan otot
3.1.3 menyebutkan
bagian-bagian rangka manusia
3.1.4 menunjukan
macam tulang berdasarkan bentuk dan zat penyusunnya
3.1.5 menyebutkan
jumlah tulang penyusun bagian tubuh
3.1.6 menyebutkan
macam-macam sendi dan kerjanya
3.1.7 menyebutkan
macam-macam otot dan kerjanya
3.1.8 menggambarkan
ciri macam-macam otot dengan penjelasannya
3.1.9 menggambar
bagian-bagian sel tulang dengan penjelasannya
3.1.10menyebutkan gangguan dan penyakit pada
sistem gerak
3.1.11menyebutkan cara mencegah dan
mengatasi gangguan pada sistem gerak
4.1.1 Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil
4.1.2
membuat tulisan tentang
cara mencegah dan mengatasi penyakit tulang
|
·
12 jp
|
Pengetahuan
1.
Tes tertulis dalam nemtuk PG dan essay
2. Tes lisan individu
Ketrampilan
1. Proyek : membuat tulisan tentang cara
mencegah dan mengatasi penyakit tulang
|
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya
terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda
dan gerak makhluk hidup
4.2 Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh
gaya terhadap gerak benda
|
Gerak dan Gaya
·
Gerak pada benda
·
Hukum Newton tentang
gerak
·
Penerapan Hukum Newton
pada gerak makhluk hidup dan benda
|
·
Melakukan percobaan gerak
lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
·
Melakukan percobaan mengukur
kecepatan dan percepatan
·
Melakukan percobaan hukum
Newton dan menganalisis hubungannya pada gerak makhluk hidup dan benda dalam
kehidupan sehari-hari
·
Melaporkan/
memaparkan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda dalam
bentuk tulisan
·
Mengamati dan
mengidentifikasi proses gerak pada tumbuhan dan hewan untuk menjelaskan
penerapannya pada benda, seperti pesawat, kapal selam
|
Setelah Pembelajaran,
diharapkan siswa dapat :
3.1.1 menjelaskan pengertian gerak
3.2.2 menjelaskan
perbedaan GLB dan GLBB
3.2.3 menghitung
kecepatan dan percepatan gerak dengan rumus GLB ( s=v.t ).
3.2.4 menjelaskan
isi hukum Newton I, II dan III
3.2.5 memberi
contoh kegiatan atau gerak makhluk hidup dan benda berdasarkan hukum Newton
I, II, dan III
3.2.6 menghitung
besarnya gaya dengan rumus F=m.a
3.2.7 menyebutkan
macam-macam gerak pada tumbuhan berdasarkan asal rangsangan, arah dan jenis
rangsangan
3.2.8 menyebutkan
macam-macam gerak hewan
4.2.1 membuat laporan tertulis
hasil percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda
4.2.2 Menyajikan laporan sederhana hasil percobaan pengaruh rangsang terhadap gerak menutup dan membukanya
daun putri malu
|
·
13 jp
|
Pengetahuan
1.
Tes tertulis dalam nemtuk PG dan essay
2. Tes lisan individu
Ketrampilan
1. Kinerja : saat
melakukan kegiatan dlm KBM
2. Proyek : dalam bentuk
laporan tertulis setelah melakukan percobaan
|
3.3 Memahami konsep usaha, pesawat sederhana,
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta hubungannya dengan kerja
otot pada struktur rangka manusia
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau penyelesaian masalah tentang manfaat penggunaan pesawat
sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
Pesawat
Sederhana
·
Kerja/Usaha
·
Jenis pesawat sederhana
·
Keuntungan mekanik
·
Prinsip pesawat sederhana
pada otot dan rangka manusia
|
·
Mengamati cara kerja pesawat
sederhana secara langsung/video
·
Mengidentifikasi jenis
pesawat sederhana seperti katrol, roda berporos, bidang miring
·
Melakukan percobaan dan
mengidentifikasi mekanisme kerja pesawat sederhana serta hubungannya dengan
kerja otot pada struktur rangka manusia
·
Melaporkan/ memaparkan hasil
penyelidikan tentang manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
Setelah
Pembelajaran, diharapkan siswa dapat :
3.3.1 Menjelaskan pengertian usaha
3.3.2 Menghitung usaha yang dilakukan oleh beberapa buah
gaya
3.3.3 Menjelaskan pengertian daya
3.3.4 Menentukan besarnya daya yang dipakai dengan
menggunakan rumus daya
3.3.5 Mengidentifikasi
jenis pesawat sederhana yang terdapat di sekitar peserta didik.
3.3.6 Mendeskripsikan kegunaaan pesawat sederhana
dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.7 Menjelaskan
prinsip kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia.
4.3.1 Menyelidiki keuntungan mekanik pesawat sederhana
|
13 JP
|
Pengetahuan
1.
Tes tertulis dalam nemtuk PG dan essay
2. Tes lisan individu
Ketrampilan
1.
Kinerja : saat melakukan kegiatan dlm KBM
2. Proyek
: dalam bentuk laporan tertulis setelah melakukan percobaan mampu membuat alat sederhana yang
prnsip kerjanya berdasarkan tuas
|
3.4 Menganalisis keterkaitan struktur jaringan
tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur
tumbuhan
4.4 Mengomunikasi-kan
teknologi yang terinspirasi oleh hasil pengamatan struktur tumbuhan dari berbagai sumber
|
Struktur
dan Fungsi Tumbuhan
· Struktur
dan fungsi akar, batang dan daun
· Struktur dan fungsi bunga, buah dan biji
· Struktur dan fungsi Jaringan
· Teknologi
yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
|
·
Mengamati dan
mengidentifikasi struktur dan fungsi tumbuhan serta teknologi yang
terinspirasi oleh struktur tumbuhan
·
Menyusun rencana dan
melakukan percobaan berdasarkan hasil pengamatan terhadap struktur dan fungsi
tumbuhan serta teknologi yang terinspirasi
oleh struktur tumbuhan
·
Melaporkan/ memaparkan hasil
kesimpulan berdasarkan pengamatan dan percobaanstruktur jaringan
·
Melaporkan hasil pengamatan teknologi yang terinspirasi oleh struktur
tumbuhan dan mendiskusikannya dengan teman.
|
Setelah Pembelajaran,
diharapkan siswa dapat :
3.4.1 menyebutkan
bagian-bagian utama tumbuhan
3.4.2 menyebutkan struktur
dan fungsi
akar, batang, daun, bunga dan biji
3.4.3 menggambarkan
struktur akar, batang, daun, bunga dan biji
3.4.4 menyebutkan fungsi xylem, floem dan kambium
3.4.5 menggambarkan
jaringan akar, batang, daun, bunga dan biji pada tumbuhan
3.4.6 membandingkan jaringan pada akar, batang,
daun, bunga dan biji
tumbuhan dikotil dan monokotil
3.4.7
menjelaskan
hubungan antara sturktur dan fungsi
jaringan di akar, batang, daun
3.4.8 mendeskripsikan
proses fotosintesis yang terjadi di daun
3.4.9 mengidentifikasi
bahan yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis dan hasilnya
4.4.1 Mengumpulkan
data berdasarkan hasil pengamatan struktur jaringan tumbuhan (akar, batang, daun )
dan membuat laporannya
|
12 JP
|
Pengetahuan
1.
Tes tertulis dalam nemtuk PG dan essay
2. Tes lisan individu
Ketrampilan
1.
Kinerja : saat melakukan kegiatan dlm KBM
2. Proyek : dalam bentuk
laporan tertulis setelah melakukan percobaan
|
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada
manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan,
serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
4.5 Menyajikan hasil penyelidikan tentang
pencernaan mekanis dan kimiawi
|
Sistem
Pencernaan pada manusia
·
Zat makanan
·
Uji bahan makanan
·
Organ pencernaan
·
Enzim pencernaan
·
Penyakit yang berhubungan
dengan sistem pencernaan
|
·
Mengamati berbagai bahan
makanan dan melakukan pengujian kandungan bahan makanan
·
Melakukan percobaan uji
bahan makanan yang mengandung karbohidrat, gula, lemak dan protein
·
mengidentifikasi organ-organ
pada sistem pencernaanserta proses pencernaan di dalam tubuh
·
mengumpulkan informasi
tentang penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan
·
melakukan penyelidikan
tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
·
Menyimpulkan,
melaporkan/memaparkan hasil percobaan dan mendiskusikannya dengan teman
|
Setelah Pembelajaran,
diharapkan siswa dapat :
3.6.1 Menyebutkan
jenis-jenis makanan
3.6.2 Menyebutkan kandungan bahan makanan dalam
kehidupan sehari-hari
3.6.3 Menjelaskan
fungsi dari bahan makanan
3.6.4 Menyebutkan organ-organ dalam system
pencernaan makanan
3.6.5 Menjelaskan fungsi-fungsi organ pencernaan
3.6.6 Menjelaskan fungsi enzim dalam pencernaan
secara kimiawi
4.6.1 menjelaskan cara menguji kandungan lemak, protein, karbohidrat
4.6.2 menyebutkan
kandungan zat dalam makanan
4.6.3 membedakan makanan
yang sehat dan makanan
yang tidak sehat
4.6.4 menjelaskan kandungan Vitamin C pada berbagai buah
4.6.5 membandingkan perubahan zat tepung menjadi gula
dengan interval waktu berbeda.
4.6.6 menyimpulkan berapa lama mengunyah yang baik.
4.6.7 menyimpulkan mengapa makanan
harus dikunyah dalam mulut lebih lama.
4.6.8 menjelaskan hubungan antara
enzim dalam rongga mulut dengan zat tepung menjadi zat gula atau
maltose.
|
13 JP
|
Pengetahuan
1.
Tes tertulis dalam nemtuk PG dan essay
2. Tes lisan individu
Ketrampilan
1.
Kinerja : saat melakukan kegiatan dlm KBM
2.Proyek
: dalam bentuk laporan tertulis setelah melakukan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi)
dengan frekuensi denyut jantung
|
3.6 Memahami berbagai zat aditif dalam makanan dan
minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan
4.6 Membuat karya tulis tentang dampak
penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan
|
Zat
Aditif dan Zat Adiktif
· Jenis zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan
dan minuman
· Jenis zat adiktif
· Pengaruh zat aditif dan adiktif terhadap kesehatan
|
·
Mengamati bahan makanan di
lingkungan sekitar yang mengandung zat aditif serta tayangan berita penyalahgunaan zat adiktif
·
Mengidentifikasi zat-zat
aditif yang ditambahkan pada makanan dan jenis-jenis zat adiktif serta penyalah-gunaannya dalam
kehidupan
·
Menyimpulkan dan melaporkan
hasil identifikasi jenis-jenis zat
aditif dan adiktif serta
penyalahgunaan-nya dalam kehidupan, serta mendiskusikannya dengan teman
|
Setelah
Pembelajaran, diharapkan siswa dapat :
3.7.1Dapat menyebutkan contoh bahan aditif pada makanan
3.7.2 Menjelaskan
fungsi bahan aditif dalam makanan
3.7.3 Menjelaskan solusi pengganti bahan aditif
3.7.4 Menjelaskan macam dan efek penggunaan bahan adiktif
bagi kesehatan
3.7.5 Menjelaskan pengaruh Psikotropika terhadap kesehatan
4.7.1 Menyajikan informasi jenis – jenis bahan aditif
yang dipakai pada suatu produk makanan
4.7.2 Mengusulkan ide pengganti bahan aditif
tertentu yang lebih aman bagi kesehatan
4.7.3 Mengusulkan ide pemecahan masalah peredaran zat Adiktif
Psikotropika di Indonesia
|
10 JP
|
Pengetahuan
1.
Tes tertulis dalam nemtuk PG dan essay
2. Tes lisan individu
Ketrampilan
1.
Kinerja : saat melakukan kegiatan dlm KBM
2. Proyek : dalam bentuk
laporan tertulis yaitu Mengusulkan ide
pemecahan masalah peredaran zat Adiktif Psikotropika di Indonesia
|
3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada
manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya
menjaga kesehatan sistem peredaran darah
4.7 Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas
(jenis, intensitas, atau durasi) dengan frekuensi denyut jantung
|
Sistem
Peredaran Darah
·
Organ peredaran darah
·
Jenis peredaran darah
·
Penyakit pada sistem
peredaran darah
|
·
Mengamati modelsistem
peredaran darah.
·
Mengidentifikasi komponen
darah, organ-organ pada sistem peredaran darah, jenis peredaran darah pada
manusia, serta berbagai penyakit pada sistem peredaran darah
·
Melakukan penyelidikan dan
menyajikan laporan tentang pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, durasi) dengan
frekuensi denyut jantung
|
Setelah
Pembelajaran, diharapkan siswa dapat :
3.7.1 Menyebutkan organ yang berperan dalam system peredaran darah
3.7.2 Mendeskripsikan proses peredaran darah
3.7.3 Menyebutkan komponen darah
3.7.4 Menjelaskan jenis peredaran darah pada
manusia
3.7.5 Menyebutkan Fungsi darah
3.7.5 Menjelaskan gangguan yang terjadi pada system peredaran darah
4.7.1 Mengumpulkan data hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi)
dengan frekuensi denyut jantung
|
12 JP
|
Pengetahuan
1.
Tes tertulis dalam nemtuk PG dan essay
2. Tes lisan individu
Ketrampilan
1.
Kinerja : saat melakukan kegiatan dlm KBM
2.Proyek
: dalam bentuk laporan tertulis setelah melakukan percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi)
dengan frekuensi denyut jantung
|
Komentar
Posting Komentar