RPP IPA SMP Kelas VIII - Gerak dan Gaya Newton
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok :
Gerak dan gaya
Alokasi Waktu : 13 JP ( 5 x Pertemuan )
A.
Kompetensi Inti
KI-1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, Percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
|
KI-3
|
Memahami
Pengetahuan (Faktual, Konseptual, dan Prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI-4
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan
sumberlain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisis gerak lurus,
pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada
gerak benda dan gerak makhluk hidup
4.2 Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya
terhadap gerak benda
C.
Indikator
Pencapaian
Setelah Pembelajaran, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan 1 : Gerak pada Benda ( 3 JP )
3.1.1 menjelaskan pengertian gerak
3.2.2 menjelaskan perbedaan GLB dan GLBB
3.2.3 menghitung kecepatan dan percepatan gerak dengan
rumus GLB ( s=v.t ).
Pertemuan 2 : Hukum Newton Tentang Gerak ( 2 JP )
3.2.4 menjelaskan isi hukum Newton I, II dan III
3.2.5 memberi contoh kegiatan atau gerak makhluk hidup dan
benda berdasarkan hukum Newton I, II, dan III
3.2.6 menghitung besarnya gaya dengan rumus F=m.a
Pertemuan 3 :
Gerak pada Tumbuhan ( 3 JP )
3.2.7 menyebutkan macam-macam gerak pada tumbuhan
berdasarkan asal rangsangan, arah dan jenis rangsangan
Pertemuan 3 : Gerak
pada Hewan ( 3 JP )
3.2.8 menyebutkan
macam-macam gerak hewan
4.2.1 membuat laporan tertulis
hasil percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda
4.2.2 Menyajikan laporan sederhana hasil percobaan
pengaruh rangsang terhadap gerak
menutup dan membukanya daun putri malu
D.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pengamatan dan diskusi informasi, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan 1 : Gerak pada Benda ( 3 JP )
3.1.1 menjelaskan pengertian gerak
3.2.2 menjelaskan perbedaan GLB dan GLBB
3.2.3 menghitung kecepatan dan percepatan gerak dengan
rumus GLB ( s=v.t ).
Pertemuan 2 : Hukum Newton Tentang Gerak ( 2 JP )
3.2.4 menjelaskan isi hukum Newton I, II dan III
3.2.5 memberi contoh kegiatan atau gerak makhluk hidup dan
benda berdasarkan hukum Newton I, II, dan III
3.2.6 menghitung besarnya gaya dengan rumus F=m.a
Pertemuan 3 :
Gerak pada Tumbuhan ( 3 JP )
3.2.7 menyebutkan macam-macam gerak pada tumbuhan
berdasarkan asal rangsangan, arah dan jenis rangsangan
Pertemuan 3 : Gerak
pada Hewan ( 3 JP )
3.2.8 menyebutkan macam-macam gerak hewan
4.2.1 membuat
laporan tertulis hasil percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda
4.2.2 Menyajikan laporan sederhana hasil percobaan pengaruh rangsang terhadap gerak menutup dan membukanya daun
putri malu
Fokus Kekuatan Karakter : Kedisiplinan dan
Kepedulian
E.
Materi
Pembelajaran
MATERI REGULER
1.
Pertemuan 1 : Gerak
pada Benda ( 3 JP )
Pengertian
gerak.
Benda disebut bergerak jika benda
berubah kedudukan terhadap titik acuan.
Gerak
Lurus.
Gerak Lurus : gerak yang
lintasannya lurus.
a) Gerak
Lurus Beraturan : gerak yang lintasannya lurus dengan kecepatan tetap
Contoh : gerak orang berbaris
diberi aba-aba tetap.
è Kecepatan
v = s / t
s = jarak, satuan : m
t = waktu, satuan : sekon
v = kecepatan, satuan : m/s
b) Gerak
Lurus Berubah Beraturan : gerak yang lintasannya lurus dengan kecepatan yang
berubah secara teratur.
1) GLBB
dipercepat : gerak lurus dengan kecepatan bertambah secara teratur setiap
detiknya
Contoh : kelapa jatuh dari
pohonnya
2) GLBB
diperlambat : gerak lurus dengan kecepatan berkurang secara teratur setiap
detiknya
Contoh : benda
dilempar ke atas.
2. Pertemuan 2 : Hukum Newton Tentang Gerak ( 2 JP )
Hukum 1 Newton
Bunyi: “Jika resultan gaya yang bekerja pada benda
yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam. Benda
yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan
kecepatan tetap
Maksud hukum newton 1 yaitu benda yang diam akan tetap
diam dan tidak akan bergerak sampai ada haya (dorongan atau tarikan)
yang kemudian membuatnya bergerak, dan benda bergerak akan terus bergerak dan
akan diam apabila ada gaya yang mempegaruhinya untuk diam.
Rumus hukum newton 1 yaitu ∑F = 0 yaitu
resultan gaya (Kg m/s2)
Contoh hukum newton 1 dalam kehidupan sehari-hari:
- Ketika mobil bergerak cepat dan di rem mendadak maka penumpang akan merasa terdorong ke depan
- Mobil yang dalam kondisi berhenti, kemudian bergerak cepat ke depan maka penumpang akan terdorong ke belakang
- Koin diatas kertas di atas meja akan tetap diam jika kertas ditarik dengan cepat
Hukum 2 Newton
Bunyi: “Percepatan (perubahan dari kecepatan) dari
suatu benda akan sebanding dengan resultan gaya (jumlah gaya) yang bekerja pada
benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massa benda.
Maksud hukum newton 2 yaitu massa suatu benda sangat
berpengaruh pada gaya dalam suatu sistem. Tambahan atau kurangan massa akan
menghasilkan suatu perubahan. Rumusnya yaitu ∑F = m.a
Keterangan:
∑F = Resultan Gaya (kg m/s2)
m = Massa Benda (kg)
a = Percepatan (m/s2)
∑F = Resultan Gaya (kg m/s2)
m = Massa Benda (kg)
a = Percepatan (m/s2)
Contoh hukum newton 2 dalam kehidupan sehari-hari:
- Mobil kiri lebih cepat melaju daripada mobil yang sebelah kanan karena bermassa kecil (sesuai dengan bunyi hukum 2 newton)
- Mobil yang berjalan di jalan raya akan memperoleh percepatan yang sebanding dengan gaya dan berbanding terbalik dengan massa mobil itu sendiri.
Hukum 3 Newton
Bunyi: “Setiap aksi akan menimbulkan reaksi, jika
suatu benda memberikan gaya pada benda yang lain maka benda yang terkena gaya
akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima dari benda
pertama, tetapi arahnya berlawanan“
Maksud dari hukum newton 3 yaitu suatu benda baru akan
berinteraksi apabila ada yang memberinya gaya, bentuk interaksi tersebut dengan
membalas gaya yang telah diberikan ke pada benda tersebut ke arah sebaliknya.
Gaya tidak pernah bekerja pada satu benda, melainkan
selalu bekerja pada dua benda dan setiap gaya selalu mempunyai dua ujung,
ujung satu ke benda satu, dan ujung dua ke benda kedua.
Contoh hukum newton 3 dalam kehidupan sehari-hari:
·
Bola basket yang dipantulkan ke
tanah akan memantul kembali
·
Seseorang yang duduk di atas
kursi berat badan mendorong kursi ke bawah sedangkan kursi mendorong (menahan)
badan ke atas.
·
Seseorang yang memakai sepatu
roda dan mendorong tubuhnya ke dinding, maka dingin akan mendorong balik
sebesar gaya dorong yang dikeluarkan, sehingga menjauhi dinding.
·
Adanya gaya magnet, gaya
listrik, dan gaya gravitasi juga termasuk contoh hukum newton 3
1. Pertemuan 3 : Gerak
pada Tumbuhan ( 3 JP )
Gerak merupakan perubahan posisi tubuh atau perpindahan yang
meliputi seluruh atau sebagian dari tubuh.Tumbuhan
sebagai mahluk hidup juga melakukan gerak.Namun, gerak yang dilakukan oleh
tumbuhan tidak seperti yang dilakukan oleh hewan maupun manusia. Jika pada hewan rangsang disalurkan melalui saraf, maka pada
tumbuhan rangsang disalurkan melalui benang plasma (plasmodesma) yang masuk ke
dalam sel melalui dinding yang disebut noktah. Gerakan
pada tumbuhan sangat terbatas.Gerakan yang dilakukan oleh tumbuhan hanya
dilakukan pada bagian tertentu.Misalnya bagian ujung tunas, bagian ujung akar,
ataupun pada bagian lembar daun tertentu. Pada prinsipnya, gerakan tumbuhan
terjadi karena adanya proses pertumbuhan dan adanya kepekaan terhadap rangsang
atau irritabilitas yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut. Sebagai tanggapan
terhadap rangsang terebut, tumbuhan melakukan gerakan yang mungkin menuju ke
arah rangsang atau menjauhi, atau melakukan gerak tanpa menunjukan arah
tertentu.
1.
Rangsang penyebab gerak pada tumbuhan
Rangsang
penyebab gerak pada tumbuhan dapat berupa air(hidro), suhu(termo), cahaya(foto), zat kimia( kemo), sentuhan
(tigmo/seismo), gaya tarik bumi(geo)
2.
Macam-macam gerak pada tumbuhan
a. GERAK ENDONOM ( GERAK AUTONOM )
Gerak endonom adalah
gerak yang tidak dipengaruhi faktor luar
Contoh : Gerak aliran sitoplasma dalam sel, seperti pada daun Hydrilla
verticillata yang membantu
aliran siklus (melingkar).
Gerak kromosom saat
membelah.
Gerak tumbuhan
ketika tumbuh, seperti tumbuhnya akar, batang, daun dan bunga.
b.
Gerak
higroskopis
Gerak higroskopis adalah gerak yang
disebabkan adanya perbedaan kadar air, sehingga sel-selnya mengalami
pengerutan yang tidak sama. Contoh:
Gerak membukanya kotak
sporangium tumbuhan paku oleh annulus.
Pecahnya kulit buah tanaman
polong-polongan yang sudah kering (misalnya: lamtoro, karet, flamboyan, dll ).
Pecahnya
kulit buah pacar air.
c. GERAK
ESIONOM
Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang
disebabkan rangsang dari luar. Gerak esionom dibedakan menjadi 3 macam yaitu:
gerak tropisme, gerak nasti, dan gerak taksis.
2.
Pertemuan 4
: Gerak pada Hewan ( 2 JP )
a.
Gerak hewan
dalam air.
Air memiliki kerapatan ang lebih besar dibanding udara
tetapi memiliki gaya angkat yang lebih besar dibanding udara.
Bentuk tubuh
torpedo memungkinkan tubuh meliuk ke kiri da ke kanan.
Bentuk tubuh streamline untuk mengurangi hambatan ketika
bergerak dalam air.
Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong
gerakan ikan dalam air.
b.
Gerak hewan di
udara.
Tubuh hewan yang terbang memiliki gaya angkat yang besar
untuk mengimbangi gaya gravitasi. Salah satu upaya untuk memperbesar gaya
angkat dengan menggunakan sayap.
Sayap burung memiliki susunankerangka yang ringan, tulang
dada dan otot yang kuat.
c.
Gerak hewan di
darat
Hewan darat memiliki otot dan tulang yang kuat untuk
mengatasi inersia ( kecenderungan tubuh untuk diam ), menyimpan energi pegas (
elastisitas ) untuk melakukan berbagai aktivitas.
Gajah dan kerbau memiliki massa tubuh yang besar
akibatnya kedua hewan ini membutuhkan nilai yang besar untuk melawan inersia.
Pada hewan yang memiliki bentuk kaki lebih ramping akan
memiliki elastisitas yang tinggi maka
akan berlari lebih cepat.
3. Pertemuan 5 : Penilaian
Tulis dan Pengayaan ( 3 JP )
2.
MATERI
REMIDI
Hukum
Newton
3. MATERI PENGAYAAN
Rumus Hukum
Newton 3
Rumus hukum newton 3 dapat dituliskan sebagai hukum (f) aksi – hukum (f) reaksi, yang saya tandai di kotak warna kuning sebagai rumus gaya gesek, yang merah merupakan gaya berat, dan biru rumus berat sejenis.
F.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
: Gerak pada Benda ( 3 JP )
a.
Pendahuluan (
15’ )
Stimulation
(simullasi/Pemberian
rangsangan)
1)
Guru memberi salam dan menyapa siswa
2)
Berdoa bersama
3)
Menyiapkan peserta didik untuk belajar
4)
Guru melakukan pemusatan perhatian
5)
Guru memancing peserta didik agar
mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar bergerak dari CD interaktif.
6)
Pada tahap ini peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Gerak Lurus.
b.
Kegiatan Inti (
85’)
Observasi,
mengamati, menanya
1)
Guru menyampaikan informasi tentang
kegiatan yang akan dilakukan.
2)
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan
Gerak Lurus sampai peserta didik dapat berpikir dan bertanya, misalnya :
a)
Jika bagaimana benda disebut bergerak?
b)
Apakah gerak mobil di jalan raya dapat
dikatakan gerak lurus?
c)
Mengapa benda yang dilempar ke atas
dapat kembali lagi ke bawah ?
d) Bagaimana cara merangkai set ticker timer ?
Data collection (pengumpulandata)
3)
Pada tahap ini peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah
diidentifikasi melalui:
4)
Melakukan percobaan Gerak Lurus
5)
( Lembar Kerja Siswa di buku siswa)
untuk dapat menjelaskan hubungan antara
jarak dengan waktu dan hubungan antara kecepatan dengan waktu ( dijelaskan
dengan grafik ).
Data
processing (pengolahan Data)
6)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi untuk mengolah data hasil pengamatan dengan cara:
7)
Mendiskusikan hasil pengamatan dengan
memperhatikan pertanyaan - pertanyaan pada lembar kegiatan, misalnya membuat
grafik hubungan antara jarak dengan waktu dan grafik hubungan antara kecepatan
dengan waktu.
Verifikasi
8)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan dengan data-data pada buku
sumber. Misalnya: dengan cara melakukan verifikasi hasil pengolahan data dengan
data-data pada buku siswa.
9)
Menyimpulkan hubungan jarak dengan waktu dan hubungan
kecepatan dengan waktu.
Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
10) Peserta didik menyampaikan
kesimpulannya dalam bentuk tertulis maupun lisan di depan peserta didik yang
lain. Guru memotivasi peserta didik untuk tidak takut salah; yang penting
prosedur dilakukan dengan Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan
diskusi misalnya dengan cara: benar dan aman.
c.
Penutup ( 20’ )
1)
Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran. Guru bersama dengan
peserta didik menyimpulkan hubungan jarak dengan waktu dan hubungan kecepatan dengan
waktu pada gerak lurus..
2)
Guru memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik
3)
Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
4)
Guru
memberikan tugas untuk menyiapkan alat/bahan untuk pertemuan berikutnya.
2. Pertemuan 2 : Hukum Newton tentang Gerak ( 2 JP )
a.
Pendahuluan (
10 menit )
1)
Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2)
Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai
pelajaran.
3)
Guru mengecak kelengkapan kehadiran siswa.
4)
Guru melakukan apersepsi dengan menceritakan kisah
Newton saat saat menemukan hukum Newton beserta tayangan gambar dan video hukum
kelembaman di LCD lewat PPT gambar Newton dibawah pohan aple.
5)
Guru mengimformasikan kepada peserta didik bahwa
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan yaitu sifat kelembaman dan Hukum Newton 2 dan 3 suatu
benda.
6)
Guru menyampaikantujuan
pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
b.
Kegiatan Inti (
50 menit )
1)
Peserta didik membentuk kelompok, dengan jumlah
anggota 3 – 5 anak (diusahakan anggota kelompok dengan kemampuan heterogen).
Mengamati:
2)
Peserta didik secara kelompok melakukan kegiatan
hukum Newton I (kelembaman), II dan III suatu benda mengikuti
langkah-langkah yang ada dibuku siswa.
3)
Peserta didik dalam kelompok mengamati pengaruh
tarikan kertas HVS saat ditarik secara cepat dan secara lambat.
4)
Peserta didik memprediksi hasil yang terjadi pada
rancangan percobaan.
5)
Peserta didik kemudian menyajikan hasil
pengamatan.
Menanya:
6)
Berdasarkan hasil percobaan hukum Newton I (kelembaman), II dan III, setiap peserta didik
diberi kesempatan mengajukan pertanyaan yang ingin diketahui. Misalnya “Mengapa
terjadi perbedaan pengaruh saat kertas HVS ditarik secara cepat dan lambat?”
Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi:
7)
Peserta didik melakukan kegiatan percobaan hukum Newton I (kelembaman), II dan III pada Buku Siswa.
8)
Peserta didik melakukan diskusi (bertanya)
tentang pengamatan percobaan hukum Newton I (kelembaman), II dan III, mengumpulkan data dari
hasil percobaan.
9)
Peserta didik melakukan diskusi kelompok
menjelaskan perbedaan pengaruh saat kertas HVS ditarik secara cepat dan lambat.
10) Peserta
didik melakukan kajian pustaka (dapat menggunakan buku siswa atau sumber yang
relevan) mengenai hukum Newton I (kelembaman), II dan III.
Mengasosiasi/Menganalisis data atau informasi:
11) Peserta
didik menganalisi hasil percobaan dan merumuskan kesimpulan yang dihasilkan dalam percobaan
hukum Newton I (kelembaman), II dan III.
Mengkomunikasikan:
12) Masing-masing
mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang kesimpulkan percobaan hukum Newton I (kelembaman), II dan III
13) Kelompok
lain mengapresiasi dan menanggapi hasil presentasi kelompok lain.
c.
Penutup ( 20
menit )
1)
Peserta didik dengan dibantu guru melakukan refleksi
(materi apa yang sudah/belum dikuasai).
2)
Guru
mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang gaya.
3)
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau
bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
4)
Guru
menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: Gerak pada
Tumbuhan.
5)
Guru
memberikan tugas untuk menyiapkan alat/bahan untuk pertemuan berikutnya.
3. Pertemuan 3 : Gerak Pada Tumbuhan ( 3 JP )
a.
Pendahuluan ( 20 menit )
Stimulation
(simullasi/Pemberian
rangsangan)
1.
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topic gerak tumbuhan dengan cara menyajikan tayangan
video yang berkaitan dengan gerak pada tumbuhan.
2.
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan gerak pada tumbuhan sampai peserta didik dapat berpikir dan bertanya, contohnya
a.
Apa yang terjadi saat daun putrid malu disentuh?
b.
Kenapa ujung tanaman yang
diletakan didekat jendela akan menujuk kearah luar?
c.
Apakah akar arah geraknya selalu kebawah?
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan Inti ( 80 menit )
Observasi,
mengamati, menanya
1)
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan gerak pada tumbuhan sampai peserta didik dapat berpikir dan bertanya, contohnya
a)
Apa yang terjadi saat daun putrid malu disentuh?
b)
Kenapa ujung tanaman yang
diletakan didekat jendela akan menuju kearah luar?
c)
Apakah akar arah geraknya selalu kebawah?
2)
Menyampaikan tujuan pembelajaran
3)
Peserta didik menyampaikan
kesimpulannya dalam bentuk tertulis maupun lisan di depan peserta didik yang
lain. Guru memotivasi peserta didik untuk tidak takut salah; yang penting
prosedur dilakukan dengan Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan
diskusi misalnya dengan cara: benar dan aman.
Data collection (pengumpulandata)
4)
Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab
pertanyaan yang telah diidentifikasi
melalui:
a)
Pengamatan pada putrid malu (saatdisentuh, diberi rangsang suhu dingin dan dirangsang suhu panas)
b)
Mengamati macam-macam tumbuhan yang ada disekitar untuk mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
c)
Mencatat data pada kolom pengamatan lembar kerja
(buku siswa) yang telah disiapkan oleh peserta didik
Data processing
(pengolahan Data)
5)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah data hasil pengamatan dengan cara:
6)
Mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan - pertanyaan
pada lembar kegiatanpercobaanpadaputrimaludanpengamatanmacamgerakpadatumbuhan
7)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan dengan data-data pada buku
siswa.
Verifikasi
8)
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang kesimpulan hasil percobaan dan pengamatan pada putrid malu (saat disentuh,
diberi rangsang suhu dingin dan dirangsang suhu panas dan pengamatan pada gerak berbagai tumbuhan
9)
Kelompok lain memberikan apresiasi dan tanggapan dari
presentasi yang disampaikan.
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
10) Peserta didik membuat kesimpulan dari yang dipelajari.
c.
Penutup ( 20 menit )
1)
Peserta didik dan guru mereview hasil
kegiatan pembelajaran
2)
Guru memberikanpenghargaan kepada
kelompok yang berkinerja baik
3)
Peserta didik menjawab kuis tentang gerak pada tumbuhan
4)
Pemberian tugas untuk mengamati gerak tumbuhan dan mempelari gerak pada hewan
4. Pertemuan 4 : Gerak
pada Hewan ( 2 JP )
a.
Pendahuluan (
10 menit )
Menciptakan Situasi
(Stimulasi)
1) Guru memberi
salam dan menyapa peserta didik.
2) Peserta didik
dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3) Guru mengecek
kelengkapan kehadiran
siswa.
4) Menyiapkan peserta didik
untuk belajar dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
5) Guru melakukan pemusatan perhatian
6) Guru memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan gerak hewan.
7) Pada tahap ini peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada film tentang gerak hewan .
b.
Kegiatan Inti (
60 menit )
Problem statemen . (identifikasi masalah/pertanyaan )
1) Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan gerak pada
hewan, peserta didik dapat berpikir dan bertanya, contohnya
·
Mengapa hewan darat mempunyai kecepatan
lari yang berbeda-beda?
2)
Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok.
Data collection
(pengumpulan data )
3)
Pada
tahap ini peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab
pertanyaan yang telah diidentifikasi dengan :
4)
Melakukan
analisis
data mengenai hubungan massa dan kecepatan gerak beberapa hewan darat.
Data processing
(pengolahan Data)
5) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah
data pada lembar kerja dengan cara: mengurutkan hewan sesuai kecepatan
geraknya, dari yang cepat ke yang lebih lambat. Dilanjutkan menjawab pertanyaan
pada lembar kerja.
Asosiation
6) Peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan
menganalisis hasil pengolahan dengan teori pada buku sumber.
7) Misalnya :
1.mencari alasan keterkaitan antara kecepatan gerak dengan
massa tubuh hewan.
2.Mencari
alasan kesesuaian antara sistem otot hewan dengan pola gerak yang dilakukan.
8) Peserta didik merumuskan kesimpulan dari hasil diskusi, tentang:
1. hubungan massa dan kecepatan gerak beberapa hewan darat.
2. Kesesuaian alat gerak hewan dengan lingkungan hidupnya.
3. Kesesuaian sistem
otot hewan dengan pola gerak.
9) Peserta didik
menyampaikan hasil diskusi di depan kelompok yang lain. Guru memotivasi
peserta didik untuk tidak takut salah.
Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
10)
Guru
bersama dengan peserta didik menyimpulkan gerak pada hewan
c.
Penutup ( 10
menit )
1) Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
2)
Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
3)
Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
4)
Guru memberikan tugas.
5. Pertemuan 5 :
Penilaian Tulis ( 3 JP )
G. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi dan diskusi
Model :
Discovery Learning
H. Media Pembelajaran
Media :
Alat
peraga atau film tentang gerak benda dari CD interaktif.
1. Alat dan Bahan :
a) Mobil mainan
b) Mistar
c) Pita kertas
d) Ticker timer
e) Stop Watch
2.
Alat dan Bahan :
stopwatch,es,korek api,lilin
I. Sumber Pembelajaran
·
Buku IPA SMP kelas VIII
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2013. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam
SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2013. Ilmu Pengetahuan
Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Lembar Kegiatan Siswa.
J. Penilaian
1. Teknik Penilaian Sikap
- Sikap Spiritual : Pengamatan/ observasi
Instrumen penilain spiritual (jurnal)
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ket.
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
Dst
|
- Sikap Sosial : Pengamatan/ observasi
Instrumen penilain sosial (jurnal)
No.
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ket.
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
Dst
|
Lembar Penilaian Sikap pada kegiatan Praktikum
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester : VIII/
1
Topik/Subtopik : Gerak dan Gaya
Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur,
teliti dalam merancang dan melakukan percobaan IPA
No
|
Nama
Peserta didik
|
Kejujuran
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Kepedulian
|
Percaya diri
|
teliti
|
Jumlah
Skor
|
1.
|
||||||||
2.
|
Rubrik Penilaian Sikap
Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama
kegiatan yaitu:.
Skor 1,
jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika
kadang-kadang berperilaku
dalam kegiatan
Skor 3, jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4, jika
selalu berperilaku dalam kegiatan
Penilaian sikap untuk
setiap peserta didik dapat menggunakan
rumus dan predikat berikut
2. Pengetahuan : Tes tertulis
Materi
: Gerak
Indikator Materi Gerak :
1. Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian gerak
2. Peserta
didik dapat menyebutkan macam gerak.
3. Peserta
didik dapat menghitung kecepatan dengan menggunakan rumus Gerak Lurus
Beraturan.
4.
Peserta didik dapat mengkonversi satuan kecepatan.
Intrumen
Soal Pengetahuan
TES TERTULIS
A.
Isilah titik –titik di
bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Benda dikatakan bergerak
jika mengalami perubahan…… terhadap....
2. Gerak benda selalu
bersifat relatif karena gerak tergantung pada…..
3. Di dalam mobil yang
berjalan kita melihat pohon-pohon di tepi jalan bergerak ke belakang.
Gerak
pohon-pohon disebut gerak…….
4. Buah kelapa yang jatuh
bebas ke bumi merupakan GLBB….
5. Gerak orang berbaris
dengan diberi aba-aba termasuk gerak….
6. Berdasarkan lintasannya
gerak jarum jam termasuk gerak….
7. Kereta api melaju menuju
kota Jakarta.
Dari
kalimat di atas dapat dikatakan :
a) Kereta api disebut
bergerak jika titik acuannya….
b) Masinis disebut bergerak
jika titik acuannya….
c) Masinis disebut tidak
bergerak jika titik acuannya….
d) Kota Jakarta disebut
bergerak jika titik acuannya…
B.
Hitunglah !
1. Seekor kuda berlari
dengan kecepatan 72 km/jam. Hitung jarak yang ditempuh kuda dalam waktu 5 jam !
2. Seorang atlit berlari
menempuh jarak 400 m dalam waktu 50 detik. Hitung kecepatan berlari !
3. a ) 72 km / jam = ................m / s
b
) 90 km / jam = ................m / s
KUNCI JAWABAN
:
NO
|
JAWABAN
|
SKOR
|
A 1.
|
Kedudukan, titik acuan
|
1
|
2.
|
Titik acuan
|
1
|
3.
|
Semu
|
1
|
4.
|
Dipercepat
|
1
|
5.
|
Gerak Lurus Beraturan
|
1
|
6.
|
Melingkar
|
1
|
7.
|
a)
Kota Jakarta
b)
Kota Jakarta
c)
Kereta api
d)
Kereta api
|
4
|
B
1.
|
Diketahui :
V = 72 km / jam
t = 5 jam
Ditanya :
S = .......?
Jawab :
S = V x t = 72 km / jam x 5 jam = 360 km
|
4
|
2.
|
Diketahui :
S = 400m
t = 50 sekon
Ditanya :
V = ?
Jawab :
S = V / t = 400m / 50 s = 8 m / s
|
4
|
3
|
a)
20 m / s
b)
25 m / s
|
2
|
JUMLAH SKOR MAKSIMUM
|
20
|
Nilai
= x 100
Materi Hukum Newton
Nomer butir soal : 1
Topik : Hukum Kelembaman
Indikator :
Peserta didik dapat Menyebutkan pengaruh gaya
pada benda.
1. Soal: Sebutkan pengaruh yang disebabkan gaya
terhadap benda yang dikenaianya!
Alternatif Jawaban :
1.
Gaya dapat mengubah bentuk benda
2.
Gaya dapat mengubah kedudukan benda
3.
Gaya dapat mengubah arah gerak benda
Indikator :
Peserta didik dapat menjelaskan hukum
kelembaman.
2.
Soal: Jelaskan
apa yang dimaksud dengan hukum kelembaman!
Alternatif
Jawaban :
Hukum kelembaman sering juga disebut dengan hukum
inersia atau kemalasan. Yang sesuai dengan hukum Newton I “Benda yang diam atau
bergerak lurus dengan kecepatan konstan/tetap, akan cenderung mempertahankan
kedudukannya untuk tetap diam atau bergerak lurus dengan kecepatan
Materi Gerak Tumbuhan
a. Soal
Pilihan Ganda
1.Indikator :
Disajikan gambar putri malu, peserta didik dapat menentukan jenis gerak
tumbuhan yang terjadi.
Soal : Perhatikan gambar tanaman putri malu berikut ini :
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
|
Jika
A keadaan tanaman putri malu saat siang hari dan B keadaan tanaman putri
malu saat malam hari, maka gerak yang
dilakukan oleh tanaman ini adalah ....
A.
Niktinasti
B.
Seismonasti
C.
Geotropisme
D.
Fototropisme
2.Indikator :
Disajikan gambar pot tanaman dengan posisi dimiringkan, peserta didik dapat
menentukan jenis gerak tumbuhan yang terjadi.
Soal : Jika seorang siswa
melakukan percobaan dengan meletakan pot tanaman di tempat terbuka dengan posisi dimiringkan.Setelah beberapa
hari pertumbuhan batang tanaman pada pot itu seperti pada gambar berikut ini :
|
Gerak
yang dilakukan batang tanaman itu disebut ...
a. fototaksis
b. Geotropisme
c. Fototropisme
d. Tigmotropisme
b.Soal menjodohkan
Indikator :
disajikan beberapa gambar gerak pada tumbuhan, peserta didik dapat menjodohkan
berdasarkan jenis geraknya.
Soal: Jodohkanlah
pernyataan dibawah ini dengan gambar disampingya!
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Penskoran soal pilihan ganda
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Jawaban
benar skor 10
Jawaban
salah skor 0
Kunci
jawaban : A
|
10
|
2
|
Jawaban
benar skor 10
Jawaban
salah skor 0
- Kunci jawaban : C
|
10
|
Skor
maksimal
|
20
|
Pedoman Penskoran soal
menjodohkan
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Jawaban
benar skor 10
Jawaban
salah skor 0
Kunci
jawaban : B
|
10
|
2
|
Jawaban
benar skor 10
Jawaban
salah skor 0
Kunci
jawaban : A
|
10
|
3
|
Jawaban
benar skor 10
Jawaban
salah skor 0
Kunci
jawaban : D
|
10
|
4
|
Jawaban
benar skor 10
Jawaban
salah skor 0
Kunci
jawaban : C
|
10
|
Skor
maksimal
|
40
|
1.1.Tes Lisan
Indikator : 1.Menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan
berdasarkan penyebabnya.
Menganalisis contoh gerak pada tumbuhan
berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang yang diterima bagian tumbuhan yang
menanggapi rangsang
Daftar
Pertanyaan:
1. Sebutkan 3 jenis rangsang penyebab gerak pada
tumbuhan!
2. Apa perbedaan antara gerak taksis dan gerak
tropisme?
3. Sebutkan macam-macam gerak esionom!
4. Sebutkan 2 contoh gerak autonomy/endonom!
Pedoman Penskoran
soal lisan
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Satu
Jawaban benar skor 1
Jawaban
salah skor 0
Alternatif
jawaban : sentuhan, cahaya, grafitasi, zat kimia, suhu dll
|
3
|
2
|
Satu
Jawaban benar skor 1
Jawaban
salah skor 0
Alternatif
jawaban :
Gerak
tropisme:
Gerak
sebagian tumbuhan, dipengaruhi rangsang dari luar, arah gerak terpengaruh
rangsang
Gerak
taksis:
Gerak
sebagian/seluruh bagian tumbuhan dan berpindah, dipengaruhi rangsang dari
luar, arah gerak terpengaruh rangsang
|
2
|
3
|
Satu
Jawaban benar skor 1
Jawaban
salah skor 0
Alternatif
jawaban :
Taksis, tropisme , nasty
|
3
|
4
|
Satu
Jawaban benar skor 1
Jawaban
salah skor 0
Alternatif
jawaban :
Gerak
sitoplasma dalam sel tumbuhan, gerah tumbuh batang dan akar pada tumbuhan
|
2
|
Skor
maksimal
|
10
|
2.
Penugasan langsung
Indikator : 1. Menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan
berdasarkan penyebabnya.
2.
Menganalisis
contoh gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang yang
diterima bagian tumbuhan yang menanggapi rangsang
Soal:
-
Amati tanaman yang ada disekitar sekolah atau yang
pernah kamu ketahui!
-
Temukan 10 tanaman yang berbeda, kemudian
identifikasi jenis gerakan yang dilakukan tanaman tersebut!
-
Isikan pada data yang tertera di bawah ini!
-
No
|
Nama tanaman
|
Jenis gerak yang dilakukan
|
Bukti yang mendukung
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
10
|
Pedoman Penskoran soal penugasan
langsung
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Satu
Jawaban benar skor 1
Jawaban
salah skor 0
|
10
|
Skor
maksimal
|
10
|
Materi Gerak
pada Hewan
INDIKATOR
:
1. Disajikan beberapa
pernyataan tentang ciri hewan air,
peserta didik dapat menentukan ciri
yang mendukung ikan untuk melakukan gerak dalam air.
2. Peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mendukung
gerak hewan di udara
3. Disajikan beberapa
pernyataan ,peserta didik dapat menyebutkan beberapa alasan kenapa hewan darat
memiliki tulang dan otot yang kuat.
4. Peserta didik dapat
menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan alat geraknya .
5. Peserta didik dapat menentukan salah satu hewan darat yang mempunyai
kecepatan gerak paling besar. ( dari
suatu data )
SOAL PILIHAN GANDA
1.
Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1)
Sebagian ikan memiliki bentuk tubuh torpedo
2)
Sirip diperlukan untuk melakukan berbagai manuver di
dalam air
3)
Ekor dan sirip ikan berfungsi untuk menahan laju air
4)
Bentuk stream line tubuh ikan berfungsi untuk mengurangi
hambatan di dalam air
Berdasarkan
pernyataan di atas, yang mendukung ikan
untuk melakukan berbagai gerak dalam air adalah pernyataan nomor....
a.
1, 2, dan 3 c. 3, 4 dan 1
b.
2, 3 dan 4
d. 1, 2 dan 4
2.
Beberapa faktor berikut ini yang tidak mendukung gerak hewan di udara
adalah....
a.
bentuk tubuh airfoil c. bentuk tubuh stream line
b.tulang dada
dan otot yang kuat
d. susunan kerangka yang ringan
3.
Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)
Mengatasi inersia (kecenderungan tubuh untuk diam)
2)
Menyimpan enetgi pegas (elastisitas)
3)
Melakukan berbagai aktivitas
4)
Mempertahankan kedudukan untuk tetap bergerak
Dari
pernyataan tersebut yang merupakan alasan kenapa hewan darat memiliki otot dan
tulang yang kuat adalah....
a.
1, 2, dan 3
c. 1, 2 dan 4
b.
1, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 4
4.
Pasangan alat gerak pada hewan di bawah ini
yang tepat adalah....
Nama
hewan
|
Alat
Gerak
|
|
a.
|
Burung,
ayam, angsa, onta
|
Sayap
|
b.
|
Gajah, kerbau, kijang, cheetah
|
kaki
|
c.
|
Lumba-lumba, angsa, hiu, lele
|
sirip
|
d.
|
Kera, simpanse, monyet, kuda
|
tangan
|
5.
Berdasarkan fungsi tubuh untuk melakukan
aktivitas gerak, hewan berikut yang memiliki otot paling elastis adalah....
a.
burung
b.
gajah
c.
koala
d.
kijang
Kunci jawaban :
1.
A
2.
C
3.
A
4.
B
5.
D
Masing-masing
soal skor 2
·
Perhitungan skor :
Nilai
= skor yang diperoleh x 100
skor maksimum (10)
·
Kategori baik jika nilai peserta didik ≥
80.
3.
Keterampilan
Nama Kelompok :
……………………………………………….
Kelas :
……………
INDIKATOR :
menganalisis data dan menarik kesimpulan dari data yang ada pada lembar
kerja.
NO
|
ASPEK KETRAMPILAN
|
SKORING
|
KETERANGAN
|
||
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Melakukan
analisis data
|
||||
2.
|
Menarik
kesimpulan
|
Rubrik Penilaian
Kinerja
NO
|
ASPEK KETRAMPILAN
|
SKORING
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Melakukan
analisis data
|
dilakukan
secara mandiri
|
dilakukan
dengan bantuan guru
|
tidak
mampu melakukan
|
2.
|
Menarik
kesimpulan
|
dilakukan
secara mandiri
|
dilakukan
dengan bantuan guru
|
tidak
mampu melakukan
|
PERHITUNGAN SKOR :
·
Nilai = skor yang diperoleh x 100
skor maksimum (6 )
·
Kategori baik jika nilai peserta didik ≥
80.
Mengetahui
: Semarang, 10 Juli 2017
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Sr. M. Margaretha OSF, S. Pd V. Retno Yuliani, S. Pd.
terimakasih, sangat membantu
BalasHapusterima kasih
BalasHapusterima kasih baaanyak
BalasHapus