RPP IPA SMP Kelas VIII - Gerak dan Gaya Newton



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( RPP )

Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : VIII / 1
Materi Pokok              : Gerak dan gaya
Alokasi Waktu           : 13 JP  ( 5 x Pertemuan )


A.      Kompetensi  Inti

KI-1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang  dianutnya.
KI-2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, Percaya diri dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
KI-3
Memahami Pengetahuan (Faktual, Konseptual, dan Prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan sumberlain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar
3.2     Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
4.2     Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda

C.     Indikator Pencapaian
Setelah Pembelajaran, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan 1 : Gerak pada Benda ( 3 JP )
3.1.1    menjelaskan pengertian gerak
3.2.2    menjelaskan perbedaan GLB dan GLBB
3.2.3    menghitung kecepatan dan percepatan gerak dengan rumus GLB ( s=v.t ).

Pertemuan 2 : Hukum Newton Tentang Gerak ( 2 JP )
3.2.4    menjelaskan isi hukum Newton I, II dan III
3.2.5    memberi contoh kegiatan atau gerak makhluk hidup dan benda berdasarkan hukum Newton I, II, dan III
3.2.6    menghitung besarnya gaya dengan rumus F=m.a

Pertemuan 3 :  Gerak pada Tumbuhan  ( 3 JP )
3.2.7    menyebutkan macam-macam gerak pada tumbuhan berdasarkan asal rangsangan, arah dan jenis rangsangan

Pertemuan 3 :  Gerak pada Hewan  ( 3 JP )
3.2.8    menyebutkan macam-macam gerak hewan

4.2.1    membuat laporan tertulis hasil percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda
4.2.2    Menyajikan laporan sederhana hasil percobaan pengaruh rangsang     terhadap gerak menutup dan membukanya daun putri malu

D.    Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan dan diskusi informasi, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan 1 : Gerak pada Benda ( 3 JP )
3.1.1    menjelaskan pengertian gerak
3.2.2    menjelaskan perbedaan GLB dan GLBB
3.2.3    menghitung kecepatan dan percepatan gerak dengan rumus GLB ( s=v.t ).

Pertemuan 2 : Hukum Newton Tentang Gerak ( 2 JP )
3.2.4    menjelaskan isi hukum Newton I, II dan III
3.2.5    memberi contoh kegiatan atau gerak makhluk hidup dan benda berdasarkan hukum Newton I, II, dan III
3.2.6    menghitung besarnya gaya dengan rumus F=m.a

Pertemuan 3 :  Gerak pada Tumbuhan  ( 3 JP )
3.2.7    menyebutkan macam-macam gerak pada tumbuhan berdasarkan asal rangsangan, arah dan jenis rangsangan

Pertemuan 3 :  Gerak pada Hewan  ( 3 JP )
3.2.8    menyebutkan macam-macam gerak hewan

4.2.1    membuat laporan tertulis hasil percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda
4.2.2    Menyajikan laporan sederhana hasil percobaan pengaruh rangsang     terhadap gerak menutup dan membukanya daun putri malu

Fokus Kekuatan Karakter : Kedisiplinan dan Kepedulian

E.      Materi Pembelajaran
MATERI REGULER

1.    Pertemuan 1 : Gerak pada Benda ( 3 JP )
Pengertian gerak.
Benda disebut bergerak jika benda berubah kedudukan terhadap titik acuan.
Gerak Lurus.
Gerak Lurus : gerak yang lintasannya lurus.
a)    Gerak Lurus Beraturan : gerak yang lintasannya lurus dengan kecepatan tetap
Contoh : gerak orang berbaris diberi aba-aba tetap.
è Kecepatan
v = s / t
s = jarak, satuan : m
t = waktu, satuan : sekon
v = kecepatan, satuan : m/s
b)   Gerak Lurus Berubah Beraturan : gerak yang lintasannya lurus dengan kecepatan yang berubah secara teratur.
1)      GLBB dipercepat : gerak lurus dengan kecepatan bertambah secara teratur setiap detiknya
Contoh : kelapa jatuh dari pohonnya
2)      GLBB diperlambat : gerak lurus dengan kecepatan berkurang secara teratur setiap detiknya
                                         Contoh : benda dilempar ke atas.

2.    Pertemuan 2 : Hukum Newton Tentang Gerak ( 2 JP )

Hukum 1 Newton


Bunyi: “Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap
Maksud hukum newton 1 yaitu benda yang diam akan tetap diam dan tidak akan bergerak sampai ada haya (dorongan atau tarikan) yang kemudian membuatnya bergerak, dan benda bergerak akan terus bergerak dan akan diam apabila ada gaya yang mempegaruhinya untuk diam.
Rumus hukum newton 1 yaitu ∑F = 0 yaitu resultan gaya (Kg m/s2)
Contoh hukum newton 1 dalam kehidupan sehari-hari:
             hukum newton 1
  • Ketika mobil bergerak cepat dan di rem mendadak maka penumpang akan merasa terdorong ke depan
  • Mobil yang dalam kondisi berhenti, kemudian bergerak cepat ke depan maka penumpang akan terdorong ke belakang
  • Koin diatas kertas di atas meja akan tetap diam jika kertas ditarik dengan cepat

Hukum 2 Newton


Bunyi: “Percepatan (perubahan dari kecepatan) dari suatu benda akan sebanding dengan resultan gaya (jumlah gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massa benda.
Maksud hukum newton 2 yaitu massa suatu benda sangat berpengaruh pada gaya dalam suatu sistem. Tambahan atau kurangan massa akan menghasilkan suatu perubahan. Rumusnya yaitu ∑F = m.a
Keterangan:
∑F = Resultan Gaya (kg m/s2)
m = Massa Benda (kg)
a = Percepatan (m/s2)
Contoh hukum newton 2 dalam kehidupan sehari-hari:
            hukum newton 2
  • Mobil kiri lebih cepat melaju daripada mobil yang sebelah kanan karena bermassa kecil (sesuai dengan bunyi hukum 2 newton)
  • Mobil yang berjalan di jalan raya akan memperoleh percepatan yang sebanding dengan gaya dan berbanding terbalik dengan massa mobil itu sendiri.

Hukum 3 Newton


Bunyi: “Setiap aksi akan menimbulkan reaksi, jika suatu benda memberikan gaya pada benda yang lain maka benda yang terkena gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima dari benda pertama, tetapi arahnya berlawanan
Maksud dari hukum newton 3 yaitu suatu benda baru akan berinteraksi apabila ada yang memberinya gaya, bentuk interaksi tersebut dengan membalas gaya yang telah diberikan ke pada benda tersebut ke arah sebaliknya.
Gaya tidak pernah bekerja pada satu benda, melainkan selalu bekerja pada dua benda dan setiap gaya selalu mempunyai dua ujung, ujung satu ke benda satu, dan ujung dua ke benda kedua.
Contoh hukum newton 3 dalam kehidupan sehari-hari:
hukum newton 3
·                      Bola basket yang dipantulkan ke tanah akan memantul kembali
·                      Seseorang yang duduk di atas kursi berat badan mendorong kursi ke bawah sedangkan kursi mendorong (menahan) badan ke atas.
·                      Seseorang yang memakai sepatu roda dan mendorong tubuhnya ke dinding, maka dingin akan mendorong balik sebesar gaya dorong yang dikeluarkan, sehingga menjauhi dinding.
·                      Adanya gaya magnet, gaya listrik, dan gaya gravitasi juga termasuk contoh hukum newton 3 

1.    Pertemuan 3 :  Gerak pada Tumbuhan  ( 3 JP )

Gerak merupakan perubahan posisi tubuh atau perpindahan yang meliputi seluruh atau sebagian dari tubuh.Tumbuhan sebagai mahluk hidup juga melakukan gerak.Namun, gerak yang dilakukan oleh tumbuhan tidak seperti yang dilakukan oleh hewan maupun manusia. Jika pada hewan rangsang disalurkan melalui saraf, maka pada tumbuhan rangsang disalurkan melalui benang plasma (plasmodesma) yang masuk ke dalam sel melalui dinding yang disebut noktah. Gerakan pada tumbuhan sangat terbatas.Gerakan yang dilakukan oleh tumbuhan hanya dilakukan pada bagian tertentu.Misalnya bagian ujung tunas, bagian ujung akar, ataupun pada bagian lembar daun tertentu. Pada prinsipnya, gerakan tumbuhan terjadi karena adanya proses pertumbuhan dan adanya kepekaan terhadap rangsang atau irritabilitas yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut. Sebagai tanggapan terhadap rangsang terebut, tumbuhan melakukan gerakan yang mungkin menuju ke arah rangsang atau menjauhi, atau melakukan gerak tanpa menunjukan arah tertentu.
1.      Rangsang penyebab gerak pada tumbuhan
Rangsang penyebab gerak pada tumbuhan dapat berupa air(hidro), suhu(termo), cahaya(foto), zat kimia( kemo), sentuhan (tigmo/seismo), gaya tarik bumi(geo)
2.      Macam-macam gerak pada tumbuhan
a.     GERAK ENDONOM ( GERAK AUTONOM )
Gerak endonom adalah gerak yang tidak dipengaruhi faktor luar
Contoh : Gerak aliran sitoplasma dalam sel, seperti pada daun Hydrilla verticillata yang    membantu aliran siklus (melingkar).
Gerak kromosom saat membelah.
Gerak  tumbuhan ketika tumbuh, seperti tumbuhnya akar, batang, daun dan bunga.
b.    Gerak higroskopis
Gerak higroskopis adalah gerak yang disebabkan adanya perbedaan kadar air, sehingga sel-selnya  mengalami pengerutan yang tidak sama. Contoh:
  Gerak membukanya kotak sporangium tumbuhan paku oleh annulus.
  Pecahnya kulit buah tanaman polong-polongan yang sudah kering (misalnya: lamtoro, karet, flamboyan, dll ).
  Pecahnya kulit buah pacar air.
c.     GERAK ESIONOM
Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan rangsang dari luar. Gerak esionom dibedakan menjadi 3 macam yaitu: gerak tropisme, gerak nasti, dan gerak taksis.

2.         Pertemuan 4 :  Gerak pada Hewan  ( 2 JP )

a.      Gerak hewan dalam air.
Air memiliki kerapatan ang lebih besar dibanding udara tetapi memiliki gaya angkat yang lebih besar dibanding udara.
Bentuk tubuh  torpedo memungkinkan tubuh meliuk ke kiri da  ke kanan.
Bentuk tubuh streamline untuk mengurangi hambatan ketika bergerak dalam air.
Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.
b.      Gerak hewan di udara.
Tubuh hewan yang terbang memiliki gaya angkat yang besar untuk mengimbangi gaya gravitasi. Salah satu upaya untuk memperbesar gaya angkat dengan menggunakan sayap.
Sayap burung memiliki susunankerangka yang ringan, tulang dada dan otot yang kuat.


c.       Gerak hewan di darat
Hewan darat memiliki otot dan tulang yang kuat untuk mengatasi inersia ( kecenderungan tubuh untuk diam ), menyimpan energi pegas ( elastisitas ) untuk melakukan berbagai aktivitas.
Gajah dan kerbau memiliki massa tubuh yang besar akibatnya kedua hewan ini membutuhkan nilai yang besar untuk melawan inersia.
Pada hewan yang memiliki bentuk kaki lebih ramping akan memiliki elastisitas yang tinggi  maka akan berlari lebih cepat.

3.    Pertemuan 5 :  Penilaian  Tulis dan Pengayaan ( 3 JP )

2.    MATERI REMIDI
Hukum Newton

3. MATERI PENGAYAAN
Rumus Hukum Newton 3
Bunyi Hukum Newton 1, 2, 3
Rumus hukum newton 3 dapat dituliskan sebagai hukum (f) aksi – hukum (f) reaksi, yang saya tandai di kotak warna kuning sebagai rumus gaya gesek, yang merah merupakan gaya berat, dan biru rumus berat sejenis.

F.        Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan 1 :  Gerak pada Benda ( 3 JP )
a.         Pendahuluan ( 15’ )
Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan)
1)        Guru memberi salam dan menyapa siswa
2)        Berdoa bersama
3)        Menyiapkan peserta didik untuk belajar
4)        Guru melakukan pemusatan perhatian
5)        Guru memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar bergerak dari CD interaktif.
6)         Pada tahap ini peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Gerak Lurus.

b.        Kegiatan Inti ( 85’)
Observasi, mengamati, menanya
1)        Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan.
2)        Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan Gerak Lurus sampai peserta didik dapat berpikir dan bertanya, misalnya :
a)        Jika bagaimana benda disebut bergerak?
b)        Apakah gerak mobil di jalan raya dapat dikatakan gerak lurus?
c)        Mengapa benda yang dilempar ke atas dapat kembali lagi ke bawah ?
d)       Bagaimana cara merangkai set ticker timer ?


       Data collection (pengumpulandata)
3)        Pada tahap ini peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui:
4)        Melakukan percobaan Gerak Lurus
5)        ( Lembar Kerja Siswa di buku siswa) untuk dapat   menjelaskan hubungan antara jarak dengan waktu dan hubungan antara kecepatan dengan waktu ( dijelaskan dengan grafik ).
Data processing (pengolahan Data)
6)        Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah data hasil pengamatan dengan cara:
7)        Mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan - pertanyaan pada lembar kegiatan, misalnya membuat grafik hubungan antara jarak dengan waktu dan grafik hubungan antara kecepatan dengan waktu.
Verifikasi
8)        Peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan dengan data-data pada buku sumber. Misalnya: dengan cara melakukan verifikasi hasil pengolahan data dengan data-data pada buku siswa.
9)        Menyimpulkan  hubungan jarak dengan waktu dan hubungan kecepatan dengan waktu.
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
10)    Peserta didik menyampaikan kesimpulannya dalam bentuk tertulis maupun lisan di depan peserta didik yang lain. Guru memotivasi peserta didik untuk tidak takut salah; yang penting prosedur dilakukan dengan Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan diskusi misalnya dengan cara: benar dan aman.

c.         Penutup ( 20’ )
1)        Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran. Guru bersama dengan peserta didik menyimpulkan hubungan jarak dengan waktu dan hubungan kecepatan dengan waktu pada gerak lurus..
2)        Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
3)        Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
4)        Guru memberikan tugas untuk menyiapkan alat/bahan untuk pertemuan berikutnya.

2.      Pertemuan 2 : Hukum Newton tentang Gerak ( 2 JP )
a.         Pendahuluan ( 10 menit )
1)        Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2)        Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3)        Guru mengecak kelengkapan kehadiran siswa.
4)        Guru melakukan apersepsi dengan menceritakan kisah Newton saat saat menemukan hukum Newton beserta tayangan gambar dan video hukum kelembaman di LCD lewat PPT gambar Newton dibawah pohan aple.
5)        Guru mengimformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan yaitu sifat kelembaman dan Hukum Newton 2 dan 3 suatu benda.
6)        Guru menyampaikantujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.

b.        Kegiatan Inti ( 50 menit )
1)        Peserta didik membentuk kelompok, dengan jumlah anggota 3 – 5 anak (diusahakan anggota kelompok dengan kemampuan heterogen).
Mengamati:
2)        Peserta didik secara kelompok melakukan kegiatan hukum Newton I (kelembaman), II dan III suatu benda mengikuti langkah-langkah yang ada dibuku siswa.
3)        Peserta didik dalam kelompok mengamati pengaruh tarikan kertas HVS saat ditarik secara cepat dan secara lambat.
4)        Peserta didik memprediksi hasil yang terjadi pada rancangan percobaan.
5)        Peserta didik kemudian menyajikan hasil pengamatan.
Menanya:
6)        Berdasarkan hasil percobaan hukum Newton I (kelembaman), II dan III, setiap peserta didik diberi kesempatan mengajukan pertanyaan yang ingin diketahui. Misalnya “Mengapa terjadi perbedaan pengaruh saat kertas HVS ditarik secara cepat dan lambat?”
Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi:
7)        Peserta didik melakukan kegiatan percobaan hukum Newton I (kelembaman), II dan III pada Buku Siswa.
8)        Peserta didik melakukan diskusi (bertanya) tentang pengamatan percobaan hukum Newton I (kelembaman), II dan III, mengumpulkan data dari hasil percobaan.
9)        Peserta didik melakukan diskusi kelompok menjelaskan perbedaan pengaruh saat kertas HVS ditarik secara cepat dan lambat.
10)    Peserta didik melakukan kajian pustaka (dapat menggunakan buku siswa atau sumber yang relevan) mengenai hukum Newton I (kelembaman), II dan III.
Mengasosiasi/Menganalisis data atau informasi:
11)    Peserta didik menganalisi hasil percobaan dan merumuskan kesimpulan yang dihasilkan dalam percobaan hukum Newton I (kelembaman), II dan III.
Mengkomunikasikan:
12)    Masing-masing mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang kesimpulkan percobaan hukum Newton I (kelembaman), II dan III
13)    Kelompok lain mengapresiasi dan menanggapi hasil presentasi kelompok lain.


c.         Penutup ( 20 menit )
1)        Peserta didik dengan dibantu guru melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum dikuasai).
2)        Guru mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang gaya.
3)        Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
4)        Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: Gerak pada Tumbuhan.
5)        Guru memberikan tugas untuk menyiapkan alat/bahan untuk pertemuan berikutnya.

3.    Pertemuan 3 :  Gerak Pada Tumbuhan ( 3 JP )
a.         Pendahuluan ( 20 menit )
Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan)
1.        Peserta didik  diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic gerak tumbuhan dengan cara menyajikan tayangan video  yang berkaitan dengan gerak pada tumbuhan.
2.        Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin  masalah yang berkaitan dengan gerak pada tumbuhan sampai peserta didik dapat berpikir dan bertanya, contohnya
a.        Apa yang terjadi saat daun putrid malu disentuh?
b.        Kenapa ujung tanaman yang diletakan didekat jendela akan menujuk kearah luar?
c.         Apakah akar arah geraknya selalu kebawah?
3.        Menyampaikan tujuan pembelajaran

b.        Kegiatan Inti ( 80 menit )
Observasi, mengamati, menanya
1)        Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin  masalah yang berkaitan dengan gerak pada tumbuhan sampai peserta didik dapat berpikir dan bertanya, contohnya
a)        Apa yang terjadi saat daun putrid malu disentuh?
b)        Kenapa ujung tanaman yang diletakan didekat jendela akan menuju kearah luar?
c)        Apakah akar arah geraknya selalu kebawah?
2)        Menyampaikan tujuan pembelajaran
3)        Peserta didik menyampaikan kesimpulannya dalam bentuk tertulis maupun lisan di depan peserta didik yang lain. Guru memotivasi peserta didik untuk tidak takut salah; yang penting prosedur dilakukan dengan Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan diskusi misalnya dengan cara: benar dan aman.
Data collection (pengumpulandata)
4)        Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan  untuk menjawab pertanyaan  yang telah diidentifikasi melalui:
a)        Pengamatan pada putrid malu (saatdisentuh, diberi rangsang suhu dingin dan dirangsang suhu panas)
b)       Mengamati macam-macam tumbuhan yang ada disekitar untuk mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
c)        Mencatat data pada kolom pengamatan lembar kerja (buku siswa) yang telah disiapkan oleh peserta didik
Data processing (pengolahan Data)
5)        Peserta didik dalam kelompoknya  berdiskusi untuk mengolah data  hasil pengamatan dengan cara:
6)        Mendiskusikan hasil pengamatan  dengan memperhatikan pertanyaan - pertanyaan pada lembar kegiatanpercobaanpadaputrimaludanpengamatanmacamgerakpadatumbuhan

7)        Peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan dengan data-data pada buku siswa.
Verifikasi
8)        Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang kesimpulan hasil percobaan dan pengamatan pada putrid malu (saat disentuh, diberi rangsang suhu dingin dan dirangsang suhu panas dan pengamatan pada gerak berbagai tumbuhan
9)        Kelompok lain memberikan apresiasi dan tanggapan dari presentasi yang disampaikan.
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
10)    Peserta didik membuat kesimpulan dari yang dipelajari.

c.         Penutup ( 20 menit )
1)    Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
2)    Guru memberikanpenghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
3)    Peserta didik  menjawab kuis tentang gerak pada tumbuhan
4)   Pemberian tugas untuk mengamati gerak tumbuhan dan mempelari gerak pada hewan

4.    Pertemuan 4 :  Gerak pada Hewan  ( 2 JP )
a.         Pendahuluan ( 10 menit )
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
1)   Guru memberi salam dan menyapa    peserta didik.
2)   Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3)   Guru mengecek kelengkapan kehadiran siswa.
4)   Menyiapkan peserta didik untuk belajar dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
5)   Guru melakukan pemusatan perhatian
6)   Guru memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gerak hewan.
7)   Pada tahap ini peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada film tentang gerak hewan .

b.        Kegiatan Inti ( 60 menit )
Problem statemen . (identifikasi masalah/pertanyaan )
1)   Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan gerak pada hewan, peserta didik dapat berpikir dan bertanya, contohnya
·         Mengapa hewan darat mempunyai kecepatan lari yang berbeda-beda?
2)   Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok.
Data collection     (pengumpulan data )
3)   Pada tahap ini peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi dengan :            
4)   Melakukan analisis data mengenai hubungan massa dan kecepatan gerak beberapa hewan darat.
Data processing (pengolahan Data)
5)   Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah data pada lembar kerja dengan cara: mengurutkan hewan sesuai kecepatan geraknya, dari yang cepat ke yang lebih lambat. Dilanjutkan menjawab pertanyaan pada lembar kerja.
Asosiation
6)   Peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan menganalisis hasil pengolahan dengan teori pada buku sumber.
7)   Misalnya :
1.mencari alasan keterkaitan antara kecepatan gerak dengan massa tubuh hewan.
2.Mencari alasan kesesuaian antara sistem otot hewan dengan pola gerak yang dilakukan.
8)   Peserta didik merumuskan kesimpulan dari  hasil diskusi, tentang:
1. hubungan massa dan kecepatan gerak beberapa hewan darat.
2. Kesesuaian alat gerak hewan dengan lingkungan hidupnya.
 3. Kesesuaian sistem otot hewan dengan pola gerak.
9)   Peserta didik  menyampaikan hasil diskusi di depan kelompok yang lain. Guru memotivasi peserta didik untuk tidak takut salah.
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
10)                        Guru bersama dengan peserta didik menyimpulkan gerak pada hewan

c.         Penutup ( 10 menit )
1)   Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran dengan memberikan pertanyaan secara lisan.
2)    Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
3)   Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
4)   Guru memberikan tugas.

5.    Pertemuan 5 :  Penilaian  Tulis ( 3 JP )


G.      Metode Pembelajaran
Pendekatan         : Scientific
Metode                 : Observasi dan diskusi
Model                   : Discovery Learning

H.    Media Pembelajaran
Media :
Alat peraga atau film tentang gerak benda dari CD interaktif.
1.    Alat dan Bahan :
a)   Mobil mainan
b)   Mistar
c)    Pita kertas
d)   Ticker timer
e)    Stop Watch
2.    Alat dan Bahan          : stopwatch,es,korek api,lilin

I.       Sumber Pembelajaran
·      Buku IPA SMP kelas VIII
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Lembar Kegiatan Siswa.

J.       Penilaian
1. Teknik Penilaian Sikap
  1. Sikap Spiritual                        : Pengamatan/ observasi
Instrumen penilain spiritual (jurnal)
No.
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.
1





2





3





Dst






  1. Sikap Sosial                : Pengamatan/ observasi
Instrumen penilain sosial (jurnal)
No.
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.
1





2





3





Dst






Lembar Penilaian Sikap pada kegiatan Praktikum

Mata Pelajaran     :  IPA
Kelas/Semester    : VIII/ 1
Topik/Subtopik    :  Gerak dan Gaya
Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur,  teliti   dalam merancang dan melakukan percobaan IPA

No
Nama
Peserta didik
Kejujuran
Kedisiplinan

Kerjasama

Kepedulian

Percaya diri

teliti
Jumlah
Skor
1.








2.











Rubrik Penilaian Sikap
Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu:.

Skor 1, jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3, jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4, jika selalu berperilaku dalam kegiatan
Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut


 





2.    Pengetahuan               : Tes tertulis
       Materi   : Gerak
       Indikator Materi Gerak            : 
1.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian gerak
2.      Peserta didik dapat menyebutkan macam gerak.
3.      Peserta didik dapat menghitung kecepatan dengan menggunakan rumus Gerak Lurus Beraturan.
4.      Peserta didik dapat mengkonversi satuan kecepatan.

Intrumen Soal Pengetahuan
TES TERTULIS
A.      Isilah titik –titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.      Benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan…… terhadap....
2.      Gerak benda selalu bersifat relatif karena gerak tergantung pada…..
3.      Di dalam mobil yang berjalan kita melihat pohon-pohon di tepi jalan bergerak ke belakang.
Gerak pohon-pohon disebut gerak…….
4.      Buah kelapa yang jatuh bebas ke bumi merupakan GLBB….
5.      Gerak orang berbaris dengan diberi aba-aba termasuk gerak….
6.      Berdasarkan lintasannya gerak jarum jam termasuk gerak….
7.      Kereta api melaju menuju kota Jakarta.
Dari kalimat di atas dapat dikatakan :
a)      Kereta api disebut bergerak jika titik acuannya….
b)      Masinis disebut bergerak jika titik acuannya….
c)      Masinis disebut tidak bergerak jika titik acuannya….
d)     Kota Jakarta disebut bergerak jika titik acuannya…

B.       Hitunglah !
1.      Seekor kuda berlari dengan kecepatan 72 km/jam. Hitung jarak yang ditempuh kuda dalam waktu 5 jam !
2.      Seorang atlit berlari menempuh jarak 400 m dalam waktu 50 detik. Hitung kecepatan berlari !
3.      a )  72 km / jam = ................m / s
b )  90 km / jam = ................m / s




KUNCI JAWABAN :

NO

JAWABAN

SKOR
A 1.

Kedudukan, titik acuan

1
2.
Titik acuan
1
3.
Semu
1
4.
Dipercepat
1
5.
Gerak Lurus Beraturan
1
6.
Melingkar
1
7.
a)      Kota Jakarta
b)      Kota Jakarta
c)      Kereta api
d)     Kereta api


4
B
1.
Diketahui :
V = 72 km / jam
t = 5 jam
Ditanya :
S = .......?
Jawab :
S = V x t = 72 km / jam x 5 jam = 360 km



4

2.
Diketahui :
S = 400m
t = 50 sekon
Ditanya :
V =    ?
Jawab :
S = V / t = 400m / 50 s = 8 m / s




4
3
a)      20 m / s
b)      25 m / s

2


JUMLAH SKOR MAKSIMUM

20

Nilai =  x 100

Materi Hukum Newton
Nomer butir soal : 1
Topik               :  Hukum Kelembaman
Indikator         : Peserta didik dapat Menyebutkan pengaruh gaya pada benda.
1.    Soal:   Sebutkan pengaruh yang disebabkan gaya terhadap benda yang     dikenaianya!

Alternatif Jawaban :
1.         Gaya dapat mengubah bentuk benda
2.         Gaya dapat mengubah kedudukan benda
3.         Gaya dapat mengubah arah gerak benda

Indikator         : Peserta didik dapat menjelaskan hukum kelembaman.
2.                                                                   Soal:   Jelaskan apa yang dimaksud dengan hukum kelembaman!


Alternatif Jawaban :
Hukum kelembaman sering juga disebut dengan hukum inersia atau kemalasan. Yang sesuai dengan hukum Newton I “Benda yang diam atau bergerak lurus dengan kecepatan konstan/tetap, akan cenderung mempertahankan kedudukannya untuk tetap diam atau bergerak lurus dengan kecepatan

Materi Gerak Tumbuhan
a.      Soal Pilihan Ganda

1.Indikator                  : Disajikan gambar putri malu, peserta didik dapat menentukan jenis gerak tumbuhan yang terjadi.

Soal     : Perhatikan gambar  tanaman putri malu berikut ini :











 

 






A
 




B
 
 









Jika  A keadaan tanaman putri malu saat siang hari dan B keadaan tanaman putri malu saat malam hari, maka  gerak yang dilakukan oleh tanaman ini adalah ....
A.    Niktinasti
B.      Seismonasti
C.     Geotropisme
D.    Fototropisme

2.Indikator       : Disajikan gambar pot tanaman dengan posisi dimiringkan, peserta didik dapat menentukan jenis gerak tumbuhan yang terjadi.

Soal                   : Jika seorang siswa melakukan percobaan dengan meletakan pot tanaman di tempat terbuka  dengan posisi dimiringkan.Setelah beberapa hari pertumbuhan batang tanaman pada pot itu seperti pada gambar berikut ini :



 
 







Gerak yang dilakukan batang tanaman itu disebut ...
a.      fototaksis
b.      Geotropisme
c.       Fototropisme
d.      Tigmotropisme

b.Soal menjodohkan

        Indikator     : disajikan beberapa gambar gerak pada tumbuhan, peserta didik dapat menjodohkan berdasarkan jenis geraknya. 
Soal:  Jodohkanlah pernyataan dibawah ini dengan gambar disampingya!
A
 
1.       Tigmonasti   ( .........)
 
                                                                                     http://ravki.files.wordpress.com/2012/10/karet.jpg
2. Higroskopis  (.......)
 
B
 
                                                                 








 







4. Termonasti      (……)                                                     
 
D
 
                                                                                  

Pedoman Penskoran soal pilihan ganda
No
Jawaban
Skor
1
Jawaban benar skor  10
Jawaban salah skor 0

Kunci jawaban : A
10

2
Jawaban benar skor  10
Jawaban salah skor 0

-    Kunci jawaban : C
10

Skor maksimal
20

Pedoman Penskoran soal menjodohkan
No
Jawaban
Skor
1
Jawaban benar skor  10
Jawaban salah skor 0

Kunci jawaban : B
10

2
Jawaban benar skor  10
Jawaban salah skor 0

Kunci jawaban : A
10

3
Jawaban benar skor  10
Jawaban salah skor 0

Kunci jawaban : D
10

4
Jawaban benar skor  10
Jawaban salah skor 0

Kunci jawaban : C
10


Skor maksimal
40







1.1.Tes Lisan
Indikator  : 1.Menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya.
Menganalisis contoh gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang yang diterima bagian tumbuhan yang menanggapi rangsang

Daftar Pertanyaan:
1.    Sebutkan 3 jenis rangsang penyebab gerak pada tumbuhan!
2.    Apa perbedaan antara gerak taksis dan gerak tropisme?
3.    Sebutkan macam-macam gerak esionom!
4.    Sebutkan 2 contoh gerak autonomy/endonom!
Pedoman Penskoran soal lisan
No
Jawaban
Skor
1
Satu Jawaban benar skor  1
Jawaban salah skor 0

Alternatif jawaban : sentuhan, cahaya, grafitasi, zat kimia, suhu dll
3

2
Satu Jawaban benar skor  1
Jawaban salah skor 0

Alternatif jawaban :
Gerak tropisme:
Gerak sebagian tumbuhan, dipengaruhi rangsang dari luar, arah gerak terpengaruh rangsang
Gerak taksis:
Gerak sebagian/seluruh bagian tumbuhan dan berpindah, dipengaruhi rangsang dari luar, arah gerak terpengaruh rangsang

2

3
Satu Jawaban benar skor  1
Jawaban salah skor 0

Alternatif jawaban :
    Taksis, tropisme , nasty
3

4
Satu Jawaban benar skor  1
Jawaban salah skor 0
Alternatif jawaban :
Gerak sitoplasma dalam sel tumbuhan, gerah tumbuh batang dan akar pada tumbuhan
2


Skor maksimal
10








2.         Penugasan langsung
Indikator  :     1.    Menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya.
2.        Menganalisis contoh gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang yang diterima bagian tumbuhan yang menanggapi rangsang
            Soal:
-          Amati tanaman yang ada disekitar sekolah atau yang pernah kamu ketahui!
-          Temukan 10 tanaman yang berbeda, kemudian identifikasi jenis gerakan yang dilakukan tanaman tersebut!
-          Isikan pada data yang tertera di bawah ini!
-           
No
Nama tanaman
Jenis gerak yang dilakukan
Bukti yang mendukung
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10




  Pedoman Penskoran soal penugasan langsung
No
Jawaban
Skor
1
Satu Jawaban benar skor  1
Jawaban salah skor 0


10


Skor maksimal
10






Materi Gerak pada Hewan
      INDIKATOR :
1.    Disajikan beberapa pernyataan  tentang ciri hewan air, peserta didik dapat menentukan ciri yang mendukung ikan untuk melakukan gerak dalam air.
2.    Peserta didik dapat  menyebutkan faktor-faktor yang mendukung gerak hewan di udara
3.    Disajikan beberapa pernyataan ,peserta didik dapat menyebutkan beberapa alasan kenapa hewan darat memiliki tulang dan otot yang kuat.
4.    Peserta didik dapat menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan alat   geraknya .
5.    Peserta didik dapat  menentukan salah satu hewan darat yang mempunyai kecepatan gerak paling  besar. ( dari suatu data )

       SOAL PILIHAN GANDA
1.    Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1)      Sebagian ikan memiliki bentuk tubuh torpedo
2)      Sirip diperlukan untuk melakukan berbagai manuver di dalam air
3)      Ekor dan sirip ikan berfungsi untuk menahan laju air
4)      Bentuk stream line tubuh ikan berfungsi untuk mengurangi hambatan di dalam air
Berdasarkan pernyataan di atas,  yang mendukung ikan untuk melakukan berbagai gerak dalam air adalah pernyataan nomor....
a.         1, 2, dan 3                                                     c. 3, 4 dan 1
b.         2, 3 dan 4                                                      d. 1, 2 dan 4
2.    Beberapa faktor berikut ini yang tidak mendukung gerak hewan di udara adalah....      
a.      bentuk tubuh airfoil                                         c. bentuk tubuh stream line
b.tulang dada dan otot yang kuat                         d. susunan kerangka yang ringan

3.    Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)      Mengatasi inersia (kecenderungan tubuh untuk diam)
2)      Menyimpan enetgi pegas (elastisitas)
3)      Melakukan berbagai aktivitas
4)      Mempertahankan kedudukan untuk tetap bergerak
Dari pernyataan tersebut yang merupakan alasan kenapa hewan darat memiliki otot dan tulang yang kuat adalah....
a.      1, 2, dan 3                                                  c.    1, 2 dan 4
b.      1, 3 dan 4                                                   d.    2, 3 dan 4

4.    Pasangan alat gerak pada hewan di bawah ini yang tepat adalah....

Nama hewan
Alat Gerak
a.
Burung,  ayam,  angsa, onta
 Sayap
b.
Gajah, kerbau, kijang, cheetah
kaki
c.
Lumba-lumba, angsa, hiu, lele
sirip
d.
Kera, simpanse, monyet, kuda
tangan

5.    Berdasarkan fungsi tubuh untuk melakukan aktivitas gerak, hewan berikut yang memiliki otot paling elastis adalah....
a.      burung
b.      gajah
c.       koala
d.      kijang
              
       Kunci jawaban :
1.    A
2.    C
3.    A
4.    B
5.    D
Masing-masing soal skor 2
·         Perhitungan skor :
Nilai = skor yang diperoleh x 100
                                                 skor maksimum (10)
·         Kategori baik jika nilai peserta didik ≥ 80. 



3.         Keterampilan
Nama Kelompok  : ……………………………………………….
Kelas                     : ……………

                   INDIKATOR  :  menganalisis data dan menarik kesimpulan dari data yang ada pada lembar kerja.

NO
ASPEK KETRAMPILAN
SKORING
KETERANGAN
3
2
1
1.      
Melakukan analisis data




2.      
Menarik kesimpulan






       Rubrik Penilaian Kinerja
NO
ASPEK KETRAMPILAN
SKORING
3
2
1
1.      
Melakukan analisis data
dilakukan secara mandiri
dilakukan dengan bantuan guru
tidak mampu melakukan
2.      
Menarik kesimpulan
dilakukan secara mandiri
dilakukan dengan bantuan guru
tidak mampu melakukan

       PERHITUNGAN SKOR :
·         Nilai = skor yang diperoleh x 100
                                                  skor maksimum (6 )
·         Kategori baik jika nilai peserta didik ≥ 80.  






Mengetahui :                                                                                      Semarang,  10  Juli 2017
Kepala Sekolah,                                                                                 Guru Mata Pelajaran,



Sr. M. Margaretha OSF, S. Pd                                                        V. Retno Yuliani, S. Pd.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP IPA SMP Kelas VIII - Usaha dan Pesawat Sederhana

RPP IPA SMP Kelas VIII - Sistem Gerak Pada Manusia