RPP IPA SMP Kelas VIII - Usaha dan Pesawat Sederhana
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMP Maria Goretti Semarang
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok :
Usaha dan Pesawat Sederhana
Alokasi
Waktu : 13 JP ( 5 x
Pertemuan )
A.
Kompetensi Inti
KI-1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, Percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
|
KI-3
|
Memahami
Pengetahuan (Faktual, Konseptual, dan Prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI-4
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan
sumberlain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami konsep usaha,
pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta
hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau penyelesaian masalah tentang manfaat penggunaan pesawat
sederhana dalam kehidupan sehari-hari
C.
Indikator
Pencapaian
Setelah Pembelajaran, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan 1 : Usaha
( 3 JP )
3.3.1 Menjelaskan pengertian usaha
3.3.2
Menghitung usaha yang dilakukan oleh beberapa buah gaya
3.3.3
Menjelaskan
pengertian daya
3.3.4 Menentukan
besarnya daya yang dipakai dengan menggunakan rumus daya
Pertemuan 2 : Pesawat Sederhana ( 2 JP )
3.3.5 Mengidentifikasi
jenis pesawat sederhana yang terdapat di sekitar peserta didik.
Pertemuan 4 : Prinsip Kerja Pesawat Sederhana pada Otot dan Rangka
Manusia ( 2 JP )
3.3.6 Mendeskripsikan
kegunaaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.7 Menjelaskan prinsip
kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia.
Pertemuan 3 : Keuntungan mekanis ( 3 JP )
4.3.1 Menyelidiki keuntungan mekanik pesawat sederhana
D.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1 : Usaha ( 3 JP )
3.3.1 Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian usaha
3.3.2 Melalui tanya
jawab siswa dapat menghitung usaha yang dilakukan oleh beberapa buah gaya
3.3.3 Melalui
studi pustaka siswa dapat menjelaskan pengertian daya
3.3.4 Melalui
tanya jawab siswa dapat menentukan besarnya daya yang dipakai dengan
menggunakan rumus daya
Pertemuan 2 : Pesawat
Sederhana ( 2 JP )
3.3.5 Melakukan identifikasi jenis serta kegunaan pesawat sederhana yang ada di
lingkungan sekitar peserta didik
Pertemuan 4 : Prinsip Kerja
Pesawat Sederhana pada Otot dan Rangka Manusia ( 2 JP )
3.3.6 Melalui diskusi informasi
siswa dapat mendeskripsikan kegunaaan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
3.3.7 Melalui diskusi informasi siswa dapat menjelaskan keterkaitan prinsip kerja pesawat sederhana dengan prinsip
kerja otot dan rangka manusia
Pertemuan 3 : Keuntungan mekanis ( 3
JP )
4.3.1 Melalui percobaan siswa dapat menyelidiki keuntungan mekanik pesawat sederhana
Fokus Kekuatan karakter : Kerjasama dan Kepercayaan diri
E.
Materi
Pembelajaran
1. MATERI REGULER
1.
Pertemuan 1 : Usaha
( 3 JP )
USAHA
Usaha
dalam kehidupan sehari-hari adalah upaya manusia untuk melakukan sesuatu guna
tujuan tertentu
Usaha
menurut sains adalah hasil kali gaya dan
perpindahan. Secara matematis ditulis
W = F x s
Satuan usaha adalah Nm = Joule.
Gaya yang dimaksud dalam persamaan
ini adalah gaya yang searah dengan
arah perpindahan
Daya
Daya adalah
perubahan Usaha
setiap satu sekon atau kecepatan melakukan kerja. Daya dilambangkan dengan huruf P
P =
W/t
P = daya
(Joule/sekon)
W = usaha
(Joule)
t = waktu
(sekon)
Joule/sekon = watt
dilambangkan dengan w
2. Pertemuan 2 : Pesawat Sederhana ( 2 JP )
Pesawat
sederhana adalah alat yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Macam-macam
Pesawat Sederhana dan Keuntungan Mekaniknya
1. Katrol
Ada tiga
jenis katrol yaitu, katrol tetap tunggal, katrol bebas tunggal, dan
katrol gabungan atau majemuk.
2. Bidang
miring
3. Pengungkit
Contoh
Pesawat Sederhana yang ada di sekitar Peserta Didik
Ada
banyak sekali contoh pesawat sederhana yang ada di sekitar siswa.
a. Gunting,termasuk
pengungkit jenis pertama.
b.
Katrol tunggal yang terpasang pada sumur, termasuk katrol tunggal.
c. Pisau,
termasuk bidang miring.
d. Staples,
termasuk pengungkit jenis ketiga
e. Tangga,
termasuk bidang miring
f. Gear
sepeda, termasuk roda berporos
g. Sekrup,
termasuk bidang miring
h. Dongkrak
mobil, termasuk pengungkit jenis ketiga
i. Dst
3. Pertemuan 3 : Keuntungan
mekanis ( 3 JP )
Macam-macam
Pesawat Sederhana dan Keuntungan Mekaniknya
1. Katrol
Ada tiga
jenis katrol yaitu, katrol tetap tunggal, katrol bebas tunggal, dan
katrol gabungan atau majemuk.
Ø Keuntungan
mekanik katrol tetap sama dengan 1. Jadi, katrol tetap tunggal tidak
menggandakan gaya kuasa.
Ø Keuntungan
mekanik dari katrol bebas lebih besar daripada 1. Pada kenyataannya
keuntungan mekanik dari katrol bebas tunggal sama dengan 2.
Ø Keuntungan
mekanik dari katrol majemuk sama dengan jumlah tali yang menyokong berat beban.
2. Bidang
miring
Keuntungan mekanik bidang
miring dapat dihitung dengan membagi jarak kuasa dengan jarak beban.
KM= (Gaya beban)/(Gaya Kuasa)= (Panjang
bidang miring)/(Ketinggian ) = l/h
3. Pengungkit
Keuntungan mekanik pengungkit
dapat dihitung dengan membagi panjang lengan kuasa denganpanjanglengan beban.
KM= (Gaya beban (F_b )/(Gaya Kuasa (F_k )=
(Lengan Kuasa (L_k )/(Lengan Beban (L_b )
4.
Pertemuan 4
: Prinsip Kerja Pesawat Sederhana pada Otot dan Rangka Manusia ( 2 JP )
Prinsip Kerja Pesawat Sederhana
pada Otot dan Rangka Manusia. Pada saat manusia melakukan suatu aktivitas, maka
otot, tulang dan sendi akan bekerja bersama-sama.Prinsip kerja ketiganya
seperti sebuah pengungkit, dimana tulang sebagai lengan, sendi sebagai titik
tumpu dan kontraksi dan relaksasi otot memberikan gaya untuk menggerakkan
bagian tubuh.
5. Pertemuan 5
: Penilaian Tulis ( 3 JP )
2. MATERI REMIDI
Perhitungan Tuas
3. MATERI PENGAYAAN
Hubungan antara daya,
kecepatan dan usaha
P = F X v
P = daya
sesaat
F = gaya
V = kecepatan
Pesawat
Sederhana : Poros bergandar
F.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan 1 : Usaha
( 3 JP )
a.
Pendahuluan ( 15 menit)
Stimulation (simullasi/Pemberian
rangsangan)
1)
Mengucapkan salam (sopan santun)
2)
Ber do`a sebelum belajar (religius)
3)
Mengabsen siswa (disiplin)
4)
Apersepsi : Mengapa setelah melakukan aktiviras kita
merasa lelah ?
5)
Motivasi : Menjelaskan tujuan kompetensi yang akan
dicapai
b.
Kegiatan Inti ( 85 menit )
Observasi, mengamati, menanya
1)
Guru memberi pertanyaan tentang usaha (rasa ingin tahu)
2)
Guru membimbing siswa dalam penbentukan kelompok
(disiplin, kerjasama)
Data
collection (pengumpulandata)
1)
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan
pembelajaran
2)
Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan
melalui OHP
Data
processing (pengolahan Data)
3)
Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada
siswa untuk memperhatikan /menganalisa gambar
4)
Melalui kelompok siswa, hasil analisa tersebut
tersebut dicatat pada kertas
Verifikasi
5)
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil
diskusinya
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
6) Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatannya
c.
Penutup ( 20 menit )
1)
Peserta
didik dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran
2)
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian
atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
3)
Guru memberikan tugas :
4)
menyusun laporan pengamatan secara kelompok
5)
Guru memberi Post Test secara lisan
6)
Guru memberi informasi rencana pembelajaran
berikutnya yaitu tentang Pesawat sederhana.
2. Pertemuan 2 : Pesawat Sederhana ( 2 JP )
a.
Pendahuluan (
10 menit )
Stimulation (simulasi/Pemberian rangsangan)
1) Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2) Peserta
didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3) Guru melakukan pemusatan perhatian
a)
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topik pesawat sederhana dengan cara
menyajikan gambar yang berkaitan dengan alat yang bekerja
berdasarkan pesawat sederhana yang
sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
b)
Guru menunjukkan
berbagi macam alat yang bekerja berdasarkan
pesawat sederhana (misalnya gunting, catut, staples,dan pembuka
tutup botol )
4) Guru
memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan berkaitan demontrasi
tersebut.
5) Guru
menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran
b.
Kegiatan Inti (
50 menit )
Observasi, mengamati,menanya
1)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin masalah yang berkaitan dengan alat yang
bekerja berdasarkan pesawat sederhana sehingga peserta didik dapat berpikir dan
bertanya, contohnya
a)
Apa yang dimaksud dengan pesawat sederhana?
b)
Apa kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan
sehari-hari?
c)
Alat apa saja yang bekerjanya berdasarkan pesawat
sederhaha yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari ?
Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
2)
Bagaimana
prinsip
kerja dari pesawat sederhanai?
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin masalah yang berkaitan dengan pesawat
sederhana
Data collection (pengumpulandata)
3)
Pada
tahap ini peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui:
4)
Melakukan percobaan sederhana untuk
mendapatkan data-data
NO
|
JENIS KEGIATAN
|
ALAT YANG DIGUNAKAN
|
KETERANGAN
|
1
|
Memotong kain
|
Tangan
|
Sukar/mudah
|
2
|
Memotong kain
|
Gunting
|
Sukar/mudah
|
3
|
Mencabut paku
|
Tangan
|
Sukar/mudah
|
4
|
Mencabut paku
|
Catut
|
Sukar/mudah
|
5
|
Mengambil staples
|
Tangan
|
Sukar/mudah
|
6
|
Mengambil staples
|
Staples bagian belakang
|
Sukar/mudah
|
5)
Mencatat data pada kolom pengamatan
yang telah disiapkan oleh peserta didik
Data processing
(pengolahan Data)
6)
Pada tahap ini peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi untuk mengolah
data hasil pengamatan dengan cara:
7)
Mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan - pertanyaan
pada lembar kegiatan
Verifikasi
8)
Mempresentasikan hasil
percobaan
Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
9)
Peserta didik menyimpulkan
kegiatan ini.
c.
Penutup ( 20
menit )
1) Peserta
didik dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran
2) Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian
atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
3) Guru memberikan tugas :menyusun laporan
pengamatan secara kelompok
4) Guru memberi Post Test secara lisan
5) Guru memberi informasi rencana pembelajaran
berikutnya yaitu Keuntungan mekanik
.
3. Pertemuan 3 : Keuntungan
Mekanis ( 3 JP )
a.
Pendahuluan (
15 menit )
Stimulation
(simullasi/Pemberian
rangsangan)
1)
Guru menyampaikan salam
dan menanyakan kehadiran peserta didik
2)
Guru meminta siswa untuk
berdoa bersama.
3)
Guru mengulangi pelajaran
minggu lalu, dengan menggunakan metode
bertanya yaitu tentang jenis-jenis pesawat sederhana.
Alat Pemotong kertas, catut, gunting, kerek
bendera, lengan tangan anda saat angkat barang, sapu, pancing stapler merupakan
pesawat sederhana jenis apa?
4)
Pemusatan Perhatian dan Memotivasi peserta didik :
5)
Guru meminta salah satu
siswa mendemostrasikan untuk memindah
meja di kelas dengan tangan kosong. Kemudian
memindahkan meja dengan menggunakan pengungkit.
Pertanyaan
guru :
Lebih ringan mana ?
Mengapa demikian ?
Berapa Keuntungan mekanis dari tuas yang anda
gunakan ?
6)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat
mempelajari keuntungan mekanis pesawat sederhana.
b.
Kegiatan Inti (
85 menit )
Observasi, mengamati,
menanya
1)
Menyampaikan informasi
tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu tentang :
2)
Mengidentifikasi keuntungan mekanis pada tuas hal 58 Buku Siswa Kelas
VIII
3)
Membagi
siswa menjadi 5 kelompok
Data
collection (pengumpulandata)
4) Diskusi kelompok untuk mengkaji LKS Mengidentifikasi keuntungan
mekanis pada tuas Buku Siswa Kelas
VIII, kemudian menggali konsep yang harus
diperoleh melalui percobaan.
5)
Mengidentifikasi
keuntungan mekanis pada tuas
6)
Siswa melakukan percobaan
dan mencatat data pengamatan di
lembar yang tersedia pada LKS
Data
processing (pengolahan Data)
7)
Mengolah dan menganalisis
data dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS
Verifikasi
8)
Presentasi
hasil percobaan
9)
Diskusi Perumusan tuas
Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
10)
Membuat kesimpulan tentang persamaan yang berlaku pada tuas dan
persamaan keuntungan mekanis pada tuas.
c.
Penutup ( 20
menit )
1) Peserta
didik dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran
2) Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian
atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
3) Guru memberikan tugas :menyusun laporan
pengamatan secara kelompok
4) Guru memberi Post Test secara lisan
5) Guru memberi informasi rencana pembelajaran berikutnya.
4. Pertemuan 4 : Prinsip Kerja Pesawat Sederhana
pada Otot dan Rangka Manusia ( 2 JP )
a.
Pendahuluan (
10 menit )
Stimulation (simulasi/Pemberian
rangsangan)
1) Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2) Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai
pelajaran.
3) Guru melakukan pemusatan perhatian
4) Pada tahap ini peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topik pesawat sederhana dengan cara
menyajikan gambar yang berkaitan dengan alat yang bekerja
berdasarkan pesawat sederhana yang
sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Guru menunjukkan
berbagi macam alat yang bekerja berdasarkan
pesawat sederhana (misalnya gunting, catut, staples,dan pembuka
tutup botol )
6) Guru
memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan berkaitan demontrasi
tersebut.
7) Guru
menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran
b.
Kegiatan Inti (
50 menit )
Pembahasan
Tugas dan Identifikasi Masalah
1)
Menyampaikan informasi kegiatan yang akan
dilakukan yaitu percobaan tentang pesawat sederhana
2) Peserta
didik membentuk kelompok, dengan jumlah anggota 3 – 5 anak .
3) Peserta
didik dalam kelompok berdiskusi
Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
4) Peserta
didik mengamati alat – alat disekitar lingkungan yang termasuk kedalam
pesawat sederhana misalnya
gunting, catut, staples,dan pembuka tutup botol )
5) Berdasarkan
hasil pengamatan alat – alat disekitar
lingkungan yang termasuk kedalam pesawat sederhana ( misalnya
gunting, catut, staples,dan pembuka tutup botol ), setiap peserta didik diberi kesempatan
mengajukan pertanyaan yang ingin diketahui. Misalnya “Mengapa gunting, pisau, pinset termasuk kedalam pesawat sederhana?”
a.
b.
6) Berdasarkan
hasil pengamatan alat – alat disekitar
lingkungan yang termasuk kedalam pesawat sederhana (tuas misalnya gunting, catut, staples,dan pembuka
tutup botol ),
setiap peserta didik diberi kesempatan mengajukan pertanyaan yang ingin
diketahui. Misalnya “Mengapa gunting, pisau, pinset,tang
,pembuka tutup botol termasuk kedalam
pesawat sederhana?”
Data collection (pengumpulan data)
7)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
dengan alat-alat yang diamati(gunting,catut,pembuka tutup botol,staples)
8) Peserta
didik melakukan diskusi kelompok yang mengacu pada lembar kerja
Pengolahan
data dan Analisis
9) Peserta
didik melakukan percobaan
Memotong kain dengan
tangan
Memotong kain dengan
gunting
Mencabut paku dengan
menggunakan tangan
Mencabut paku dengan
menggunakan catut
Mengambil staples pada
jilidan buku dengan Menggunakan tangan
Mengambil staples pada jilidan buku dengan Menggunakan bagian belakang staples
Verifikasi
10)
Peserta didik
mempresentasikan hasil percobaannya
Generalisasi
11)
Peserta didik
menganalisi hasil pengamatan dan merumuskan kesimpulan
Dari hasil percobaan didapatkan kesimpulan ternyata memotong
kain,mencabut paku,menambil staples dari jilidan buku lebih mudah dengan
bantuan alat,(pesawat sederhana mempermudah kita melakukan pekerjaan )
Pentingnya pesawat sederhana bagi kehidupan
c.
Penutup ( 20
menit )
1)
Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
2)
Guru memberikan penghargaan
(misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok
yang berkinerja baik.
3)
Pemberian tugas untuk persiapan penilaian tertulis
5. Pertemuan 5 :
Penilaian Tulis ( 2 JP )
G. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi dan diskusi
Model :
Discovery Learning
H. Media Pembelajaran
1.
Media
Laptop,
komputer atau LCD
2. Alat/bahan
Gunting, catut, staples,dan pembuka tutup botol,tang, mur, penjepit roti,pisau
I. Sumber Pembelajaran
·
Buku IPA SMP kelas VIII
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2013. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam
SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2013. Ilmu Pengetahuan
Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Lembar Kegiatan Siswa.
J. Penilaian
1. Teknik
Penilaian Sikap
- Sikap Spiritual : Pengamatan/ observasi
Instrumen penilain spiritual (jurnal)
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
- Sikap Sosial : Pengamatan/ observasi
Instrumen penilain sosial (jurnal)
No.
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Lembar Penilaian Sikap pada kegiatan Praktikum
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester : VIII/
1
Topik/Subtopik : Pesawat Sederhana
Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur,
teliti dalam merancang dan melakukan percobaan IPA
No
|
Nama
Peserta didik
|
Kejujuran
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Kepedulian
|
Percaya diri
|
teliti
|
Jumlah
Skor
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Sikap
Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama
kegiatan yaitu:.
Skor 1,
jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika
kadang-kadang berperilaku
dalam kegiatan
Skor 3, jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4, jika
selalu berperilaku dalam kegiatan
Penilaian sikap untuk
setiap peserta didik dapat menggunakan
rumus dan predikat berikut
2. Pengetahuan : Tes tertulis
Materi Usaha
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Kunci
|
|
Menjelaskan pengertian usaha
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian usaha
|
Kemampuan melakukan kerja
|
2
|
Menghitung usaha yang dilakukan dengan rumus
W = F. s
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Hitunglah usaha yang
dilakukan jika F = 3 N dan
s =2 m
|
D1 : F = 3N
S = 2 m
D2 : W ?
D3 : W = F.s
3 N . 2 m
= 6 Joule
|
3
|
Menjelaskan
pengertian daya
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian daya
|
perubahan
Usaha
setiap satu sekon atau kecepatan melakukan kerja
|
2
|
Menentukan besarnya daya yang dipakai dengan
menggunakan rumus P = W/t
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Tentukan besarnya
daya, jika w = 2 joule dan t = 2 s?
|
D1 = W = 2 J
t
= 2 s
D2 = P = ?
D3 = P = W/t
= 2 J/2s
= 1 watt
|
3
|
Jml skor
|
10
|
Soal Pilihan Ganda
1.
Seorang anak mendorong meja, tetapi meja tersebut
tidak bergeser. Pernyataan berikut yang benar adalah...
a. Energinya
sama dengan nol
b. Anak
tersebut tidak melakukan usaha
c. Usaha
ada tetapi kecil
d. Semua
salah
2.
Sebuah gaya 6 N bekerja pada sebuah lemari. Gaya
tersebut mengakibatkan lemari bergeser sejauh 5 m. Besar usahanya adalah...
a. 3
Nm c. 300 Nm
b. 30
Nm d. 12 Nm
3.
Perhatikan gambar di bawah ini!
10 N
30 N
Jika usaha yang ditimbulkan 1000 J, jarak
perpindahannya adalah...
a. 25
m ke kanan c.
50 m ke kanan
b. 25
m ke kiri d.
50 m ke kiri
4.
Perubahan energi persatuan waktu disebut...
a. Usaha c.
Gaya
b. Daya d.
Kecepatan
5.
Satuan daya adalah...
a. Watt c.
Nm
b. Joule d.
N
KUNCI 1. b
2. b 3. a 4. b 5. a skor masing2 = 1
Materi
Pesawat Sederhana dan Keuntungan Mekanis
No.
|
Indikator
Pencapaian
|
Jumlah
Butir Soal
|
Nomor
Butir Soal
|
|
Menjelaskan pengertian pesawat sederhana.
|
1
|
1
|
|
Menyebutkan contoh alat yang bekerjanya berdasarkan pesawat sederhana
|
1
|
2
|
|
Menjelaskan pengertian tuas.
|
1
|
3
|
|
Memberikan contoh alat yang bekerjanya berdasarkan prinsip tuas
|
1
|
4
|
|
Menjelaskan manfaat pesawat sederhana.
|
1
|
5
|
|
Menjelaskan pengertian bidang miring.
|
1
|
6
|
|
Menyebutkan contoh alat yang bekerjannya berdasarkan prinsip bidang miring.
|
1
|
7
|
|
Menyelidiki bidang miring pada sekrup.
|
1
|
8
|
|
Menjelaskan keuntungan mekanik bidang miring.
|
1
|
9
|
|
Menyebutkan keuntungan bidang miringdal kehidupan sehari-hari
|
1
|
10
|
|
Jumlah
|
10
|
|
Penilaian Pengetahuan (Tes Tulis)
Soal
Pilihan ganda:
Pilihlah Jawaban dengan memberi tanda silang X pada jawaban yang
benar!
1. Berikut ini
yang bukan merupakan fungsi pesawat sederhana adalah . . . .
a.
memperkecil usaha
b.
mempermudah melakukan kerja
c.
mempercepat pekerjaan
d.
memperbesar usaha
e.
2. Manakah
yang tidak dilakukan pesawat?
a.
melipatkan gaya
b.
mengubah arah gaya
c.
melipatkan energi
d.
d. melakukan kerja
3. Berapa kali
pesawat melipatkan gaya merupakan ... pesawat itu.
a.
efisiensi
b.
keuntungan mekanik
c.
daya
d.
d. Beban
4. Untuk
mengendurkan mur diperlukan . . . .
a.
obeng
b.
palu
c.
paku
d.
bidang miring
5. Alat yang
menggunakan prinsip tuas jenis kedua adalah . . . .
a.
pisau
b.
roda
c.
gunting
d.
d. pemecah kemiri
6. Berikut ini
merupakan alat yang menggunakan prinsip bidang miring, kecuali . . . .
a.
pisau
b.
tangga
c.
roda
d.
d. Sekrup
7. Keuntungan
mekanik bidang miring yang panjangnya 8 m dan tingginya 2 m adalah ....
a.
2
b.
8
c.
4
d.
16
8. Keuntungan
mekanik bidang miring dapat ditingkatkan dengan ....
a.
menambah panjangnya
b.
mengurangi panjangnya
c.
menambah tingginya
d.
mengganti bebannya
9.
|
a.
40 N
b.
120 N
c.
240 N
d.
300 N
10. Seorang
kuli ingin memindahkan kotak ke atas truk dengan berat 500 N dengan menggunakan
bidang miring seperti gambar dibawah.
|
|
||||
Kunci Jawaban Tes Pengetahuan dan Cara Penyekoran/Penilaian
No.
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
|||
1.
|
B
|
1
|
|||
2.
|
C
|
1
|
|||
3
|
B
|
1
|
|||
4
|
A
|
1
|
|||
5
|
D
|
1
|
|||
6
|
C
|
1
|
|||
7
|
C
|
1
|
|||
8.
|
A
|
1
|
|||
9.
|
B
|
1
|
|||
10.
|
C
|
1
|
|||
Skor maksimum
|
10
|
||||
|
|
|
|
||
|
|||||
NILAI =
JUMLAH SKOR PEROLEHAN x 10
Soal
Uraian:
Jawablah semua pertanyaan di bawah ini!
1.
Alat yang digunakan untuk mempermudah melakukan
usaha disebut....
2.
Pesawat sederhana yang berupa batang yang
digunakan untuk mengungkit benda, yang dilengkapi dengan penumpu disebut....
3.
Pesawat sederhana yang ketika digunakan
tidak menguntungkan gaya tetapi hanya mengubah arah gaya agar pekerjaan lebih
mudah adalah....
4.
Paku sekrup merupakan alat yang bekerjanya
berdasarkan prinsip dari....
5.
Tujuan orang menggunakan katrol untuk
menimba air adalah....
6.
Jika sebuah pesawat sederhana dapat
mengangkat beban seberat 2000 N dan gaya 500 N, maka hitunglah besarnya
keuntungan mekaniknya!
7.
Batang kayu panjangnya 2,5 m digunakan
untuk mengungkit beban 600 N. Jika titik tumpu diletakkan 50 cm dari beban,
hitung panjang lengan kuasa dan keuntungan mekaniknya!
8.
Benda seberat 2100 N dinaikkan ke sebuah
truk yang tinggginya 1,5 m. Untuk mempermudahnya digunakan papan sebagai bidang
miring. Jika gaya yang didiberikan 700 N, berapa panjang bidang miring dan
keuntungan mekaniknya?
9.
Sebuah roda berporos dengan jari-jari roda
50 cm dan jari-jari poros 10 cm digunakan untuk mengangkat beban 3000 N.
Hitunglah keuntungan mekanik dan besarnya gaya!
10. Sebuah
tongkat 3 m digunakan untuk menggeser batu seberat 1000 N. Jika titik tumpunya
terletak 0,5 m dari batu, berapa gaya tekan tangan yang diperlukan?
B: Kunci Jawaban Tes Pengetahuan dan Cara Penyekoran/Penilaian
Jawaban
|
Skor
|
1. pesawat
sederhana
|
1
|
2. tuas/
pengungkit
|
1
|
3. katrol tetap
|
1
|
4. bidang miring
|
1
|
5. mengubah arah
gaya
|
1
|
6. KM = 4
|
3
|
7. lk = 2m dan KM
= 4
|
3
|
8. panjang bidang
miring = 4,5 m dan KM = 3
|
3
|
9. KM = 0,2 dan F
= 600 N
|
3
|
10. F = 600 N
|
3
|
Skor total
|
20
|
Nilai
|
Sskor/2
|
|
|
3. Keterampilan
Lembar Penilaian Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Praktik
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi:
Contoh: Keterampilan mengukur panjang dan tinggi
bidang miring
Lembar Pengamatan
|
No
|
Nama
|
Persiapan
Percobaan
|
Pelaksanaan
Percobaan
|
Kegiatan Akhir
Percobaan
|
Jumlah Skor
|
1.
|
………………………
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
1.
|
Menyiapkan alat
dan bahan (Persiapan percobaan)
|
1. Menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan sesuai spesikifasi.
|
2. Menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan
tetapi sebagian tidak sesuai spesikifasi.
|
||
3. Menyiapkan alat dan
bahan yang diperlukan tetapi tidak lengkap.
|
||
4. Tidak menyiapkan alat
dan bahan yang diperlukan.
|
||
2.
|
Melakukan pengukuran
(Pelaksanaan)
|
1. Langkah pengukuran dilakukan dengan metode yang benar dan teliti.
|
2. Langkah pengukuran dilakukan dengan metode yang benar dan tetapi kurang teliti.
|
||
3. Langkah pengukuran dilakukan dengan metode yang kurang benar.
|
||
4. Langkah pengukuran dilakukan dengan metode yang tidak benar.
|
||
3.
|
Hasil pengukuran
(Kegiatan Akhir)
|
1. Memperoleh hasil pengukuran panjang
dan tinggi bidang miring dengan dengan tingkat kesesuaian tinggi.
|
2. Memperoleh hasil
pengukuran panjang dan tinggi bidang miring dengan tingkat kesesuaian
sedang.
|
||
3. Memperoleh hasil
pengukuran panjang dan tinggi bidang miring dengan tingkat kesesuaian
rendah.
|
||
4. Tidak memperoleh hasil pengukuran panjang dan tinggi bidang miring.
|
a.
Tes Praktik
Indikator : Siswa mampu mempraktekkan alat sederhana yang prnsip kerjanyaberdasarkan
tuas
Rubrik penilaian:
Keterangan Untuk Penskoran
|
Mengetahui
: Semarang, 10 Juli 2017
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Sr. M. Margaretha OSF, S. Pd V. Retno Yuliani, S. Pd.
bagus skli
BalasHapusthanks admin udh share ilmu
BalasHapusassalamualikum..
BalasHapusibu saya juga guru ipa dari sulawesi selatan kota parepare.. ibu boleh saya minta rpp lengkapnya.. terimakasih sebelumnya ibu..
thankyou so much for sharing this miss, I really proud of you..
BalasHapus